Microsoft Rilis Windows 11 Gratis, Begini Cara Downloadnya

Baca Juga

MATA INDONESIA, NEW YORK – Microsoft, Selasa 5 Oktober 2021 resmi merilis Windows 11 di seluruh dunia. Windows 11 sebagai upgrade gratis untuk pengguna Windows 10.

Chief product officer Windows, Panos Panay, mengatakan bahwa versi terbaru dibuat agar bersih, segar dan lebih sederhana bagi pengguna. Dia berjanji bahwa sistem operasi baru ini akan mudah digunakan bahkan bisa digunakan oleh orang yang paling tidak paham teknologi sekalipun.

Panay mengaku ayahnya yang berusia 89 tahun sangat akrab dengan windows.

 ”Ayah saya 89 tahun, saya sangat senang dia menekan tombol itu dan upgrade, bukan karena dia ayahku, karena aku hanya ingin ini mudah baginya,” kata Panay.

Pengguna ahli telah mengujinya secara ekstensif melalui program uji coba Window’s Insider dan yakin tidak akan ada masalah. Ia menambahkan bahwa upgrade telah siap sekarang.
Windows 11 memiliki beberapa perubahan desain yang signifikan, bersama dengan beberapa perubahan tentang cara kerja sistem di bawahnya.

Tombol Start

Menu Start pada Windows 11
Menu Start pada Windows 11
Yang menarik, secara default, menu Start dipusatkan di layar, bersama dengan ikon di taskbar. Saat diklik, tombol Start membuka menu aplikasi yang sering digunakan.
Dalam beberapa hal, ini meniru tampilan menu atau peluncur aplikasi ponsel cerdas. Microsoft juga telah menghilangkan ‘tiles’ yang ada di menu mulai Windows 10.
Panay mengatakan tim telah belajar dari Windows 8, yang menyingkirkan menu start sepenuhnya, mengecewakan banyak pengguna.  Mengembangkan antarmuka Windows 11 melibatkan pengamatan bagaimana orang menggunakan komputer mereka. “Apa yang ingin mereka klik, di mana mata mereka tertuju pada mesin ketika mereka datang ke lab kami,” ujarnya.
Widget, nilai jual utama Windows Vista 2007, juga muncul kembali. Tetapi alih-alih ‘mengambang’ di layar tempat pengguna meletakkannya, widget tinggal di bilah sisi di sebelah kiri, dan juga terhubung ke layanan Microsoft.
Menu Widget di Windows 11
Menu Widget di Windows 11
Beberapa perubahan lebih dalam dari antarmuka dan desain. Integrasi sistem untuk Microsoft Teams, menggantikan Skype, dan aplikasi Xbox keduanya sangat menonjol dalam iklan Microsoft.

Download Gratis

Nah ini ada beberapa syarat untuk bisa beralih ke Windows 11, yakni:
  • Prosesor: 1 gigahertz (GHz) atau lebih cepat, dengan dua atau lebih inti pada prosesor atau sistem 64-bit yang kompatibel pada cip (SoC)
  • Cip: Intel generasi ke-8, Ryzen 2000 dan yang lebih baru
  • RAM: 4 gigabyte (GB) atau lebih besar
  • Penyimpanan: 64 GB atau lebih besar. Besaran penyimpanan bisa berubah kemudian. Oleh karena itu, pengguna perlu rutin memperbarui informasi.
  • Graphics card: Kompatibel dengan DirectX 12 atau lebih baru, dengan driver WDDM 2.0
  • Firmware sistem: UEFI, mendukung Secure Boot TPM: Trusted Platform Module (TPM) versi 2.0
  • Tampilan: high definition (720p), monitor 9″ atau lebih besar, 8 bit per saluran warna
  • OS: Windows 10 versi 20H1 atau yang lebih baru untuk pemutakhiran terbaik

Supata tahu spesifikasi di atas dapat dengan mengunduh aplikasi PC Health Check. Caranya yakni:

  • Buka aplikasi tersebut di laptop dan komputer
  • Akan muncul jendela notifikasi yang meminta persetujuan pemasangan
  • Pilih ikon berbentuk persegi, lalu ‘install’. Maka akan muncul pop-up notifikasi
  • Kemudian kembali klik ikon berbentuk persegi dan pilih ‘finish’
  • Setelah aplikasi terpasang, akan muncul jendela aplikasi
  • Pengguna bisa memilih ‘check now’ untuk mengecek kompatibilitas perangkat.

Namun Microsoft menyampaikan bahwa pengguna dapat mengunduh Windows 11 pada perangkat keras apa pun menggunakan metode ISO. “Selama PC memiliki prosesor 64-bit 1GHz dengan dua inti atau lebih, RAM 4GB, penyimpanan 64GB, dan chip TPM 1.2.”

Jika laptop atau PC tidak sepenuhnya kompatibel dengan Windows 11, Microsoft masih mendukung Windows 10 hingga 14 Oktober 2025. Namun, tidak jelas berapa banyak pembaruan untuk Windows 10 selama empat tahun ke depan.

Pembaruan 21H2 akan tersedia untuk pengguna Windows 10 akhir tahun ini. Itu mencakup dukungan komputasi GPU di Subsistem Windows untuk Linux (WSL), peningkatan Windows Hello, dan dukungan keamanan Wi-Fi WPA3 H2E.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Perjuangkan Kesejahteraan Buruh dan Petani, Dani Eko Wiyono Siap Maju Calon Bupati Sleman Melalui Jalur Independen

Mata Indonesia, Sleman - Alumni aktivis 98 sekaligus aktivis yang selalu menyuarakan aspirasi buruh/pekerja Daerah Istimewa Yogyakarta, Dani Eko Wiyono ST. MT ini bertekad maju bakal calon bupati Sleman dalam Pilkada Sleman nanti. Dani menilai, hingga saat ini, mayoritas kehidupan buruh masih sangat jauh dari kata sejahtera. Buruh masih dianggap hanya sebagai tulang punggung ekonomi bangsa tanpa diperjuangkan nasib hidupnya.
- Advertisement -

Baca berita yang ini