Merayakan Tahun Baru, Jam Burung Ikonik Dipilih Sebagai Google Doodle

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Dalam kalender Gregorian, malam tahun baru merupakan hari terakhir dalam satu tahun yang jatuh setiap tanggal 31 Desember. Banyak masyarakat di seluruh belahan dunia yang merayakan pergantian tahun baru. Biasanya, mereka akan menyalakan kembang api tepat pada pukul 00.00 malam.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kali ini masyarakat lebih memilih untuk merayakan tahun baru di rumah saja guna mengikuti protokol kesehatan. Mengingat, pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai.

Tak mau ketinggalan, mesin pencari raksasa Google pun menyambut perayaan tahun baru lewat doodle di halaman berandanya. Google doodle merupakan ikon khusus di beranda mesin pencari tersebut yang ditampilkan dalam sementara waktu.

Tahun ini, Google menampilkan doodle berbentuk jam rumah burung antik dengan tulisan 2020 di bawahnya, Rumah burung itu berada di tengah-tengah dan menggantikan huruf O. Untuk mempercantik penampilannya, doodle itu diberikan dekorasi lampu warna-warni.

Jika doodle itu diklik, maka akan muncul confetti atau kertas kecil berwarna-warni yang seolah-olah terbang dan menghiasi layar pengguna. Setelah itu, pengguna akan disuguhkan berita-berita yang berkaitan dengan tahun baru.

Dalam rumah burung, terdapat pula sebuah jam dengan jarum jarum menunjuk pukul 23.55. ketika tepat pukul 00.00 malam, muncul burung berwarna kuning yang keluar melalui jendela atas rumah tersebut. Burung mungil itu keluar sebanyak tiga kali dengan animasi yang berbeda-beda di setiap kemunculannya.

Saat pertama kali keluar, burung itu muncul dengan bubble text berwarna hijau dengan tulisan 2021 di dalamnya. Selanjutnya, burung itu keluar menggunakan topi undu. Terakhir, burung itu keluar dan mengepakan sayapnya, confetti warna-warni pun muncul disekitarnya. Setelahnya, angka yang menunjukan tahun dalam doodle tersebut berubah menjadi 2021.

“Ini adalah tahun yang luar biasa, tetapi jam 2020 terus berdetak. Hitung mundur dimulai sekarang dan ketika jam berdentang tengah malam, tahun baru akan melebarkan sayapnya! Selamat malam tahun baru!” tulis Google dalam laman resmi Google Doodle.

Reporter: Diani Ratna Utami

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Tindakan OPM Semakin Keji, Negara Tegaskan Tidak Akan Kalah Lawan Pemberontak

Organisasi Papua Merdeka (OPM) banyak melancarkan aksi kekejaman yang semakin keji. Maka dari itu, negara harus tegas untuk tidak...
- Advertisement -

Baca berita yang ini