Mengintip Museum Rahasia CIA yang Menyimpan Sejarah Buruk Termasuk Senjata Osama bin Laden

Baca Juga

MATA INDONESIA, VIRGINIA – Ini adalah beberapa museum paling tidak biasa dan eksklusif di dunia. Didalamnya penuh dengan artefak yang telah membentuk sejarah. Tapi pintunya tertutup rapat untuk umum.

Ini adalah satu-satunya tempat pengunjung dapat melihat pistol yang ditemukan bersama Osama bin Laden ketika ia terbunuh disamping jaket kulit Saddam Husein.

Ini adalah museum rahasia CIA, terletak di dalam markas besar badan intelijen AS di Langley, Virginia. Koleksi tersebut baru saja direnovasi untuk menandai ulang tahun ke-75 badan tersebut.

Beberapa wartawan diberikan akses eksklusif ke dalam museum ini walaupun dengan pengawalan ketat dan terus-menerus dari pihak CIA. Diantara 600 artefak yang dipajang, terdapat beberapa jenis gadget mata-mata perang dingin dimana banyak pesan tersembunyi ada disana.

Selain itu, ada juga kamera rahasia dalam bungkus rokok, merpati dengan kamera mata-matanya sendiri, dan bahkan bom meledak yang berasal dari gelas Martini. Ada juga rincian tentang operasi CIA yang terkenal bahkan yang mencuat baru-baru ini.

Ada juga pemajangan skala kompleks dimana Osama bin Laden dapat ditemukan di Pakistan. Presiden Obama diperlihatkan sebuah model sebelum menyetujui serangan yang menewaskan pemimpin Al-Qaeda pada tahun 2011.

Melansir dari BBC, direktur museum Robert Z Byer mengatakan “Mampu melihat hal-hal 3D benar-benar membantu pembuat kebijakan serta membantu operator kami untuk merencanakan misi.”

Pada tanggal 30 Juli tahun ini sebuah rudal AS menghantam kompleks lain, kali ini di ibukota Afghanistan, kabul. Targetnya adalam pemimpin baru al-Qaeda, Ayman al-Zawahiri.

Mr. Byer juga mengatakan bahwa museum ini bukan hanya museum untuk kepentingan sejarah, namum juga sebagai museum operasional.

Hal ini menjadi cara untuk dapat memperbaiki pekerjaan CIA agar lebih sukses di masa depan. Beberapa pekerjaan CIA yang kontroversial misalnya operasi bersama tahun 1953 dengan MI6, untuk menggulingkan pemerintahan yang terpilih secara demokratis di Iran. Selain itu, CIA juga terlibat dalam penyiksaan tersangka teroris setelah tahun 2001.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini