Home Cuitan MI Makam Bung Karno di Blitar yang Tak Pernah Sepi Peziarah

Makam Bung Karno di Blitar yang Tak Pernah Sepi Peziarah

0
233

MATA INDONESIA, BLITAR – Lebaran adalah saatnya berziarah ke orang tua, kerabat, keluarga yang sudah meninggal. Namun, di Blitar justru Makam presiden pertama RI, Soekarno yang diserbu ribuan penziarah.

Warga yang berkunjung ke Makam Bung Karno di Blitar, Jawa Timur untuk berziarah melonjak pada hari ketiga hingga keempat 4-5 Mei 2022.

Pihak pengelola Makam Presiden Soekarno (Bung Karno) mencatat, setidaknya 5.000 orang berziarah ke Makam Presiden pertama yang terletak di Kelurahan Bendogerit, Sananwetan, Kota Blitar itu selama dua hari.

Peristirahatan terakhir Bung Karno ini berlokasi di jalan Ir. Soekarno no.12, kota Blitar. Selain hari raya seperti lebaran, makam seluas 1,8 hektar tersebut tidak pernah sepi dari pengunjung maupun peziarah.

Soekarno  wafat pada 21 Juni 1970 di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto, Jakarta. Keinginan Bung Karno sebenarnya ingin dimakamkan di bawah pohon yang rindang dan gemericiknya air yang mengalir di bawahnya. Lokasi yang diinginkan Bung Karno itu disebut berada di daerah Periangan. Kemungkinan yang dimaksud Bung Karno adalah di Istana Batu Tulis, Bogor. Namun oleh Presiden Indonesia saat itu  Soeharto, Soekarno terpaksa dimakamkan di Blitar.

Pemerintah saat itu kemudian membangun makam tersebut. Desain bangunan utama menggunakan arsitektur khas jawa berupa bangungan Joglo dengan kombinasi atap sisik ikan khas sunda. Selain makam Bung Karno, terdapat pula makam Ayah dan Ibu Bung Karno. Dalam komplek makam bung karno terdapat 3 bangunan. Satu merupakan makam tempat para peziarah berkumpul. Selain itu juga terdapat musala di bagian baratnya. Serta sebuah bangunan agak lapang dengan maket kawasan makam pada bagian timurnya.

Dulu terdapat sekat kaca di sekeliling tiang penyangga Joglo. Saat KH Abdurrahman Wahid menjadi presiden, kaca penyangga tersebut kemudian lepas sehingga siapapun bisa langsung berdoa di makam ini.

Reporter: Fadila Aliah Hakim

 

 

 

 

 

 

 

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here