Inilah Film Tentang Guru yang Wajib Kamu Tonton

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Sebutan “Pahlawan tanpa tanda jasa” semakin menunjukkan betapa mulianya profesi guru. Ia begitu sabar dan tak kenal lelah dalam mendidik murid-muridnya.

Jika tidak ada guru, maka generasi penerus bangsa akan bodoh dan terbelakang. Tidak ada generasi bangsa yang cerdas, sukses, dan bermoral baik. Ya, semua itu berkat didikan guru.

Mengingat betapa berat dan sulitnya pekerjaan guru, sudah sepantasnya kita menghormati jasa dan pengorbanan guru. Untuk lebih mengetahui perjuangan guru demi memberikan ilmu kepada murid-muridnya, inilah beberapa film tentang guru yang dapat menginspirasi.

  1. The Miracle Worker (1962)

Film ini bercerita tentang seorang guru bernama Anie Sullivan dan gadis penyandang disabilitas bernama Hellen. Karena kekurangan Hellen, orangtuanya berniat memasukkannya ke rumah sakit jiwa. Namun semua berubah saat Anne Sullivan mengajar Hellen. Mulanya memang tidak mudah, namun kerja kerasnya berhasil. Anne Sullivan berhasil membuat Hellen menjadi sosok yang hebat. Hellen bahkan menjadi seorang penulis, aktivis, dan dosen. Ia juga menjadi penyandang disabilitas buta-tuli pertama yang meraih gelar sarjana sastra.

  1. Stand & Deliver (1988)

Film ini bercerita tentang guru favorit di Garfield High School asal Bolvia yang pindah ke Amerika, bernama Jaime Escalante. Sebelumnya, Garfield High School hampir tutup lantaran kekurangan dana dan akreditasinya yang buruk. Selain itu, para siswanya pun juga memiliki kesadaran yang kurang tentang pentingnya belajar sehingga nilai mereka selalu rendah. Escalante memiliki keyakinan bahwa tidak ada siswa yang bodoh. Dengan kerja kerasnya, ia menerapkan metode pengajaran yang gampang dan mudah. Akhirnya, ia berhasil membuat murid-muridnya mendapatkan nilai yang baik saat ujian.

  1. Dead Poet’s Society (1989)

Film ini menceritakan tentang Welton. Siswa yang bersekolah di sekolah elite dengan sejumlah peraturan ketat yang mampu membuat siswanya jenuh. Semuanya berubah saat John Keating, guru sastra Inggris yang juga merupakan alumni sekolah tersebut datang dan menjadi guru di sana. John mampu mengubah segalanya dengan teknik pengajarannya.

  1. The Ron Clark Story (2006)

Film ini berasal dari dari kisah nyata guru pindahan dari California bernama Ron Clark yang mengajar di News York. Sayangnya, saat mengajar di New York ia malah berhadapan dengan siswa-siswa nakal. Meski begitu ia tak patah semangat. Ia tetap berusaha untuk mengubah kelas tersebut agar menjadi kelas terbaik. Ia pun melakukan teknik pengajaran yang unik dan pendekatan khusus kepada siswa-siswanya.

  1. Front of The Class (2008)

Kisah nyata dari Brad Cohen, seorang guru yang menderita Tourette Syndrome, yakni suatu penyakit gangguan sarap yang membuat penderitanya refleks melakukan gerakan dan suara aneh. Dulunya, Brad memiliki masa lalu yang kurang menyenangkan saat sekolah. hal itulah yang membuatnya ingin menjadi guru. Ia banyak belajar dari masa lalu dan akhirnya ia berhasil membuat siswa-siswanya berprestasi.

  1. Sekola Rimba (2013)

Film ini adalah film Indonesia yang dibintangi oleh Prisia Nasution yang berperan sebagai Butet Manurung, guru yang mengajar di daerah pedalaman. Selama mengajar disana, ia memiliki banyak sekali rintangan yang harus dihadapi. Salah satunya adalah masalah fasilitas yang kurang memadai, kurangnya minat belajar siswa, dan pandangan orangtua siswa yang masih menganggap bahwa bekerja lebih penting daripada pendidikan.

  1. Hichki (2018)

Film ini bercerita tentang Naina Mathur, seorang guru yang menderita penyakit cegukan sejak kecil. Karena penyakit itu, ia tak bisa masuk ke sekolah manapun. Hingga akhirnya sekolah St. Noker’s menerimanya dan menjadikannya guru di kelas yang berisi siswa nakal. Siswa-siswa itu berasal dari keluarga dengan ekonomi rendah. Saat mengajar, Naina merasa kesulitan lantaran siswa sangat sulit diatur. Dan, seringkali mencemooh penyakit cegukannya. Namun ia tak menyerah dan bertekad untuk membuat siswa-siswanya menjadi berprestasi meskipun berasal dari keluarga dengan ekonomi rendah.

Reporter: Intan Nadhira Safitri

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Menjaga Netralitas Aparatur Sipil Negara Demi Wujudkan Pilkada 2024 Berintegritas

Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) merupakan aspek krusial dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Sebagai pelayan publik, ASN memiliki...
- Advertisement -

Baca berita yang ini