Ibu Kota Provinsi Kalsel Pindah ke Banjarbaru

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Ibu kota Kalimantan Selatan sekarang bukan lagi di Banjarmasin. Tapi sudah pindah ke Banjarbaru.

Perpindahan ini sesuai dengan pengesahan Undang-Undang Provinsi oleh DPR RI beberapa waktu lalu.

“Dalam RUU Provinsi yang disahkan DPR pekan lalu, dalam Pasal 4 jelas tertulis Ibu Kota Kalsel berkedudukan di Kota Banjarbaru,” ujar anggota Komisi I DPRD Kalsel, Haryanto, Selasa, 22 Februari 2022.

Haryanto mengatakan usulan Kota Banjarbaru menjadi ibu kota provinsi sudah cukup lama. Seiring adanya pemindahan pusat pemerintahan dari Kota Banjarmasin ke Kota Banjarbaru sekitar tahun 2015.

DPR telah mensahkan Rancangan Undang-Undang (RUU) 7 Provinsi menjadi undang-undang, salah satunya Provinsi Kalsel. Penetapan ibu kota tersebut termuat dalam UU Provinsi Kalsel bab II pasal ke-4 yang menyebutkan ibu kota Provinsi Kalimantan Selatan berkedudukan di Kota Banjarbaru.

Wali Kota Banjarbaru Aditya Mufti Ariffin mengatakan penetapan Banjarbaru sebagai ibu kota akan berdampak pada kemajuan daerah. Terlebih adanya pemindahan ibu kota negara (IKN) ke Kalimantan Timur.

“Kami bersyukur Kota Banjarbaru menjadi ibu kota Provinsi. Kita harapkan ini akan membawa perubahan dan kemajuan bagi daerah,” ujarnya.

Namun belakangan pemindahan ibu kota provinsi menimbulkan polemik. Banyak pihak menolak pemindahan ibu kota dari Kota Banjarmasin ke Kota Banjarbaru. Wali kota Banjarmasin Ibnu Sina mengaku terkejut dan menyebut perlu ada uji publik terlebih dahulu.

Adapun 7 RUU yang sudah sah menjadi UU oleh DPR RI meliputi UU Provinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Barat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Jelang Hari Buruh Sedunia, Polda DIY Serahkan Bantuan Sembako

Mata Indonesia, Yogyakarta – Memperingati Hari Buruh Sedunia, Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan, S.I.K., M.H., menyerahkan bantuan sembako kepada Koperasi Konsumen Persatuan Buruh DIY di Gedung Pertemuan Bumi Putera Yogyakarta, Pakualaman, Kota Yogyakarta, Selasa (30/4/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini