Fakta Seputar Kekayaan dan Sejumlah Perempuan yang Pernah Mengisi Relung Hati Putin

Baca Juga

MATA INDONESIA, MOSKOW Kehidupan pribadi dan kekayaan mega yang dimiliki Presiden Vladimir Putin kini menjadi sorotan menyusul invasi Rusia terhadap negara tetangganya, Ukraina yang telah berlangsung selama sebulan.

Sebagaimana diketahui, Presiden Putin yang merupakan mantan agen spionase, KGB itu adalah sosok pria yang sangat tertutup. Namun desas-desus tentang pendapatan pribadi yang besar melampaui orang-orang terkaya di dunia, hubungan rahasia, dan pasangan yang tersembunyi dari pandangan telah beredar selama bertahun-tahun.

“Saya memiliki kehidupan pribadi di mana saya tidak mengizinkan campur tangan. Itu harus dihormati,” demikian pria memiliki nama lengkap Vladimir Vladimirovich Putin itu kepada media Rusia.

Melansir Mirror, berikut fakta seputar kekayaan dan kehidupan pribadi Presiden Putin:

Kekayaan

Sebuah rumah mewah senilai 1 miliar USD yang dikenal sebagai “Putin’s Palace” dan superyacht senilai 73m Poundsterling diyakini menjadi sorotan dari portofolionya. Namun, ada juga laporan yang menyebutkan bahwa Putin memiliki 19 rumah lain, 58 pesawat dan helikopter, 700 mobil, serta koleksi jam tangan senilai 500 ribu USD!

Putin bahkan diketahui telah memamerkan kekuatannya melalui kepemilikan hewan peliharaan yang aneh – termasuk seekor harimau bernama Boris, yang ia lepaskan ke alam liar saat siaran langsung TV tahun 2015.

Berbicara kepada Washington Post, Manajer Hedge Fund, Bill Browder memperkirakan kekayaan Putin sekitar 200 miliar USD. Akan tetapi, kekayaan orang nomor satu di Rusia itu dipenuhi misteri.

Meskipun diketahui bahwa Putin memiliki beberapa properti mewah di Rusia, satu rumah khusus yang dilaporkan milik presiden Rusia telah menarik perhatian dalam beberapa pekan terakhir.

Apa yang disebut “Putin’s Palace” atau Istana Putin, yang diperkirakan bernilai lebih dari 1 miliar USD, dilaporkan dibangun untuk Putin. Seorang peneliti bernama Georgy Alburov mengatakan istana itu didekorasi dengan gaya yang mirip dengan yang Anda harapkan dari Raja Louis XIV.

Tahun 2018, Newsweek melaporkan presiden Rusia telah memerintahkan produksi armada limusin antipeluru di Rusia, yang diperkirakan bernilai 192 juta USD.

Meskipun Putin tidak memiliki masalah untuk menunjukkan berapa banyak uang yang telah dia ikat dalam aset, dia kurang terbuka tentang dari mana uang itu berasal. Ada sejumlah perkiraan tentang seberapa kaya Putin dan keluarganya, dengan satu spekulasi dia bisa bernilai hingga 160 miliar Poundsterling.

Angka ini akan membuatnya lebih kaya dari pendiri Tesla Inc pendiri perusahaan kedirgantaran SpaceX, Elon Musk dan pendisi Amazon, Jeff Bezos.

Mantan istri

Sama dengan harta kekayaannya, status hubungan asmara Putin juga penuh dengan misteri. Putin mengaku bahwa ia terbiasa menjalani kehidupan bujangan setelah berpisah dengan mantan istrinya, Lyudmila Putina.

Ketika itu, Putin bertemu Lyudmila di kota asal mereka Leningrad – sekarang St Petersburg, ketika seorang teman mengundang Putin untuk melihat pertunjukan bersama beberapa pacar.

Putin dikatakan telah menyembunyikan bahwa dia bekerja sebagai mata-mata KGB selama tiga tahun masa pacaran mereka dan mereka menikah pada Juli 1983.

Pasangan itu memiliki dua putri, Mariya, pada April 1985, dan Yekaterina, pada Agustus 1986, setelah mereka pindah ke Jerman ketika Putin ditempatkan sebagai mata-mata Soviet.

Pada Juni 2013, keduanya mengumumkan bahwa mereka berpisah hanya beberapa pekan sebelum ulang tahun pernikahan mereka yang ke-30.

Tampil di televisi pemerintah setelah menghadiri balet bersama, Putin mengakui bahwa desas-desus bahwa dia dan istrinya tidak lagi tinggal bersama adalah “benar” dan dia “selesai dengan shiftnya” sebagai Ibu Negara Rusia.

Kekasih rahasia

Selama bertahun-tahun, Putin dirundung rumor perselingkuhan, sesuatu yang selalu dibantahnya. Isu tersebut kian liar ketika saingan politiknya, Alexi Navalny mengklaim dia telah menikahi mantan pesenam Olimpiade, Alina Kabaeva dalam sebuah upacara rahasia.

Kabaeva memenangkan medali emas untuk Rusia di Olimpiade Athena tahun 2004 sebelum pensiun dari olahraga dan terjun ke dunia politik.

Pernah dianggap sebagai perempuan paling memenuhi syarat di Rusia, satu-satunya pelamar lain yang dikaitkan dengannya oleh media adalah seorang polisi Georgia yang sudah menikah tetapi rumor ini mereda tahun 2005.

Desas-desus pertama kali mengaitkan Alina – yang 30 tahun lebih muda dari Putin, menjalin hubungan asmara dengan pemimpin Rusia itu sejak 2008 ketika dia menjadi anggota parlemen pro-Kremlin.

Sebuah laporan menyebutkan bahwa Putin adalah ayah dari lima anak dengan Alina, yang menghilang sepenuhnya tahun 2018. Salah satu surat kabar Rusia populer memanggilnya “Ibu Negara, tetapi dalam bayang-bayang”.

Alina juga dilaporkan melahirkan seorang putra bernama Dmitry pada 2008, sebelum seorang putri lahir pada 2012. Dugaan anak lain lahir pada 2015 sebelum kelahiran anak laki-laki kembar pada 2019.

Anak-anak

Adapun anak-anak resmi Putin. Pertama adalah Maria. Perempuan yang kini berusia 36 tahun itu memiliki karir dalam penelitian medis. Berdasarkan laporan, Maria ahli dalam dwarfisme.

Maria menikah dengan pengusaha Belanda, Jorrit Faassen. Dan telah dikaruniai dua orang anak yang lahir tahun 2012 dan 2017.

Sementara itu, Katerina, 35, menggunakan nama keluarga nenek dari pihak ibu, Tikhonova, dan merupakan mantan penari akrobatik. Dia memiliki gelar dalam fisika dan matematika dan sekarang menjadi ujung tombak inisiatif kecerdasan buatan Rusia.

Putri Putin lainnya menikah dengan miliarder termuda Rusia, Kirill Shamalov, tetapi mereka dilaporkan berpisah pada 2018.

“Masalahnya, saya tidak ingin mereka tumbuh seperti pangeran turun-temurun, saya ingin mereka tumbuh menjadi orang normal,” kata Putin kepada TV Rusia pada 2017.

“Jika saya menyebutkan usia dan nama, mereka akan diidentifikasi dan tidak pernah ditinggalkan sendirian,” sambungnya.

Sedangkan saat ini, pasangan Putin diyakini adalah Alina Kabaeva yang bersembunyi di chalet yang sangat pribadi dan sangat aman di Swiss, kata seorang sumber kepada Page Six.

Pasangan itu diperkirakan memiliki beberapa anak, meskipun tidak pernah ada konfirmasi resmi tentang hubungan mereka atau anak-anak mereka.

“Alina memiliki dua anak laki-laki dan perempuan kembar dengan Putin yang lahir di Swiss,” tambah sumber itu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Jadi Duta Komunikasi WWF, Cinta Laura Ajak Generasi Muda Peduli Krisis Air

Bali – Duta Komunikasi World Water Forum (WWF) ke-10 Cinta Laura mengajak generasi muda untuk lebih peduli pada persoalan...
- Advertisement -

Baca berita yang ini