5 Bassist Terbaik di Dunia

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Meski bassist tidak sebegitu terkenal gitaris, namun, peran pemain bass menjadi salah satu pembentuk nada dasar dan ritme dalam sebuah musik. Bahkan, di beberapa grup band memakai bass sebagai pembuka musik.

Sama seperti gitar, bass juga bisa terdengar enak bila dimainkan oleh personel bass yang handal. Keberadaan bassist dalam grup band menjadi salah satu paling penting untuk menyamakan ritme dengan gitaris.

Walaupun bermain bass dikenal lebih sulit daripada gitar, para bassist di bawah bisa menguasainya. Beberapa nama bassist terkenal dari waktu ke waktu membuktikan pemain bass sama hebatnya dengan pemain gitar. Berikut bassist rock  terkenal dan namanya dicatat dalam sejarah musik rock.

John Myung

John Myung Dream Theater
John Myung Dream Theater

Sifatnya yang santai saat di atas panggung membuat dirinya dikenal dengan “Bassist Misterius”. Berdarah Korea-Amerika, John Myung belajar bass sejak kecil setelah pindah haluan ke bassist dari violinis. Pendiri grup band metal Dream Theater ini memiliki jenis permainan yang atraktif serta sulit ditiru. Di salah satu lagu Dream Theater yang berjudul As I Am, John Myung memberikan aksi yang memukau dengan memainkan harmonisasi bas seperti layaknya harmonisasi pada gitar.

Chris Squire

Chris Squaire Yes Band
Chris Squaire Yes Band

Pendiri band rock Yes ini memiliki nama julukan, Fish. Squire diberi julukan tersebut sesuai dengan zodiaknya, Pisces dan pernah membuat onar di kamar hotel di Oslo dengan membanjirinya. Squire juga pernah merilis album solo dengan nama yang sama dengan julukannya, Fish Out of Water pada tahun 1975. Masa bassist terkenal dan terbaik sepanjang masa ini harus berakhir, Mei 2015 ia didiagnosis leukimia ertroid akut dan meninggal pada Juni 2015.

Flea

Memiliki nama lengkap Michael Peter Balzary ini merupakan salah satu bassist terkenal di dunia. Perannya yang menonjol saat tergabung di grup band Red Hot Chilli Peppers membuat dirinya semakin dikenal. Sebagai pemain bass terkenal, tak tanggung-tanggung dirinya mencatatkan momen sejarah Red Hot Chilli Peppers bertelanjang bulat saat memainkan bass di konser besar Woodstuck pada tahun 1999.

Pria kelahiran tahun 1962 di Australia ini melebarkan sayapnya sebagai aktor,. Namanya sudah ada di lebih dari 20 film, salah satunya yang terkenal ialah Back to the Future part II sebagai Needles serta serial televisi.

Paul McCartney

Group band The Beatles memiliki bassist terkenal bernama Sir James Paul McCartney. Perannya sebagai bassist sekaligus vokalis band sukses selama kariernya bersama The Beatles. Total ada 18 Grammy Awards yang ia dapatkan, bahkan lagu-lagunya bersama grup band yang terkenal dengan album Abbey Road tersebut masih enak didengar sampai sekarang.

Di lagu berjudul Come Together, permainan bass McCartney menjadi yang paling penting. Tanpa permainan bass McCartney, lagu ini tidak akan populer hingga sekarang. McCartney memainkan bass menggunakan tangan kiri, disebut tidak ada yang bisa mengalahkan McCartney dengan salah satu kelebihannya itu.

Billy Sheehan

Billy Sheehan
Billy Sheehan

Di grup band Mr Big, nama Billy Sheehan begitu populer. Billy populer karena menghasilkan skill dan teknik-teknik saat bermain bass yang dikenal para fansnya “Lead Bass”. Biasanya di dalam grup musik yang lebih terkenal ialah vokalisnya, namun di Mr.Big keterkenalan Billy tidak ada yang bisa membandingi.

Teknik lain yang dimiliki Billy ialah Two Hand Tapping, berkat teknik ini dirinya sukses meraih 11 perhargaan sebagai “The Best Bassist” menurut majalah Bass Player.

Reporter : Rama Kresna Pryawan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini