5 Alasan Wanita Kelihatan Tua Lebih Cepat daripada Pria

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Bukan rahasia bahwa wanita menua lebih cepat daripada pria. Gak heran, makin banyak produk perawatan kulit untuk wanita daripada pria.

Dilansir dari BrightSide, ternyata wanita memiliki banyak alasan mengapa menua lebih cepat. Misalnya saja, kehamilan hingga menopause dan hal-hal lainnya.

Berikut alasan wanita sulit awet muda lebih lama:

1. Wanita lebih banyak menderita stres daripada pria.

Wanita lebih rentan terhadap gangguan mental, terutama jika mereka berhubungan dengan pekerjaan. Selain itu, perbedaan hormonal adalah yang menjelaskan semuanya. Fluktuasi hormon berhubungan dengan depresi. Terlebih lagi, Seasonal Affective Disorder mempengaruhi wanita lebih dari pria. Stres terus-menerus pasti mengarah pada penuaan dini.

2. Wanita yang telah melahirkan usia lebih cepat.

Sebuah penelitian yang dilakukan di George Mason University membuktikan bahwa kehamilan membuat Anda terlihat 11 tahun lebih tua. Masalahnya, wanita yang pernah melahirkan memiliki telomere yang lebih pendek daripada mereka yang tidak pernah memiliki anak. Semakin pendek telomer Anda, semakin tua penampilan Anda. Selain itu, stres saat hamil tidak jarang juga mempercepat proses penuaan.

3. Kulit pria lebih tebal.

Menurut dokter kulit, kulit pria 25 persen lebih tebal dari kulit wanita. Persentasenya dapat bervariasi dari orang ke orang tetapi angka umumnya tetap sama. Namun, meskipun ada lebih sedikit kerutan di wajah pria, kerutan yang ada lebih dalam daripada wanita.

4. Tingkat testosteron berbeda.

Estrogen bertanggung jawab untuk wajah wanita muda sementara testosteron khas pada pria. Tingginya kadar testosteron memperlambat penuaan. Meskipun estrogen juga berfungsi sebagai hormon anti-penuaan, produksinya menurun lebih cepat daripada testosteron. Itu sebabnya wanita adalah yang pertama mendapatkan kerutan.

5. Menopause percepat penuaan.

Hilangnya hormon selama menopause mempercepat proses penuaan. Ketika wanita mengalami menopause, tubuh mereka berhenti memproduksi kolagen sebanyak dulu. Hal ini menyebabkan hilangnya elastisitas kulit.

Apakah Anda percaya wanita menua lebih cepat daripada pria?

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Bupati Sleman Apresiasi Sebagai Sarana Menyatukan Warga

Mata Indonesia, Sleman - Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo menghadiri Kirab Budaya dalam rangka Merti Desa ‘Mbah Bregas’ Kalurahan Margoagung, Seyegan yang digelar di Balai Ringin Ngino, Sabtu, (4/5). Pada kesempatan tersebut, Kustini juga turut melakukan prosesi penuangan 7 kendi air suci di Ringin Ngino Mbah Bregas.
- Advertisement -

Baca berita yang ini