1922, Kilas Balik Satu Abad yang Mengubah Dunia

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Tahun 2022 baru berjalan satu bulan. Jika melihat ke belakang, tentu sudah sangat banyak hal yang terjadi di dunia ini. Dari tahun ke tahun cara manusia menjalani hidup memang selalu berubah dan beradaptasi.

Berbagai penemuan, bangunan, hingga karya cipta semuanya menjadi sejarah bisu perkembangan dunia dari masa ke masa. Untuk bernostalgia, marilah kita menilik kembali sejarah yang terjadi selama satu abad yang lalu, di tahun 1922.

  1. Radio Mulai Mengudara di Inggris

Sebenarnya penemuan radio sudah berkembang sejak Guglielmo Marconi, seorang penemu asal Italia, sejak tahun 1890-an memperkenalkannya ke publik. Namun, radio baru mulai mengudara di tahun 1922, dengan menyajikan layanan berita harian pertama milik British Broadcasting Company (BBC) di London, Inggris.

Di masa itu belum ada televisi. Sehingga masyarakat di Inggris hanya mengonsumsi informasi dan hiburan melalui radio saja. Itu pun, tidak semua orang bisa mengakses radio karena harganya yang mahal. Hanya masyarakat kalangan menengah atas yang memiliki radio.

  1. Penemuan Mumi Firaun Tutankhamun di Mesir

Di tahun 1922, tepatnya di bulan November, Howard Carter, seorang arkeolog Inggris bersama dengan timnya menemukan sebuah penemuan yang menghebohkan.

Howard Carter, arkeolog Inggris yang menemukan makam Tutankhamun
Howard Carter, arkeolog Inggris yang menemukan makam Tutankhamun

Pasalnya, mereka menemukan sebuah mumi Firaun Tutankhamun yang terkubur selama lebih dari 3.000 tahun yang lalu. Sebagai informasi, Firaun Tutankhamun meninggal saat usianya masih 18 tahun.

Selain itu, ada penemuan ribuan benda penting yang tak ternilai dan berbagai artefak. Temuan ini langsung menyebar dengan cepat di berbagai surat kabar dan radio.

  1. Pindahnya Lokasi Penyelenggaraan Turnamen Wimbledon

Untuk pertama kalinya, Kejuaraan Tenis Wimbledon berlangsung pada tahun 1877. Di masa itu, hanya pria yang bisa bermain dalam kejuaraan.

Barulah di tahun 1884, All England Club mengizinkan perempuan untuk bermain. Setelah beberapa dekade berikutnya, tenis semakin populer.

Kala itu, tempat untuk melangsungkan Kejuaraan Tenis tingkat dunia ini adalah sebuah padang rumput di Wimbledon sebesar empat hektare yang terletak di barat daya London. Karena kurang luas, akhirnya lokasi terpaksa pindah.

Di lokasi yang baru, tempat Kejuaraan Tenis Wimbledon memiliki sebuah lapangan tengah yang mengkilap dan memiliki dua belas lapangan rumput. Raja George V pada 22 Juni 1922 meresmikan penggunaan lapangan ini.

Dan hingga kini, lokasi baru tersebut akhirnya menjadi selalu lokasi tuan rumah Kejuaraan Wimbledon.

  1. Negara Irlandia Merdeka

Di tahun 1921, perjanjian perdamaian antara Republik Irlandia dan Pasukan Inggris resmi berlangsung. Ini menjadi tanda berakhirnya konflik tiga di tahun di antara dua negara tersebut.

Setahun kemudian, tepatnya pada Desember 1922, sebagian besar Irlandia, kecuali Irlandia Utara, memutuskan untuk menjalankan pemerintahannya sendiri. Dan terbentuklah Negara Irlandia Merdeka.

Upaya Negara Irlandia Merdeka ini tentu tak lain agar mereka bisa menjadi negara yang merdeka dan bebas dari campur tangan pemerintahan Inggris.

Setelah bebas, maka ibu kota Negara Irlandia Merdeka jatuh kepada kota Dublin. Di tahun 1937, Negara Irlandia Merdeka mengubah namanya menjadi bangsa Éire atau Irlandia.

Hingga akhirnya di tahun 1949, Irlandia secara penuh meninggalkan Persemakmuran Inggris yang sudah berlangsung selama 700 tahun dan menjadi Republik.

  1. Insulin Sebagai Obat Diabetes

Insulin, sebagai bahan kimia dalam tubuh yang terbuat dari pankreas, menjadi penemuan terbesar di abad ke-20. Tepatnya di tahun 1922. Mengenai fungsinya, insulin berfungsi untuk mengontrol kadar gula dalam darah. Dan paling utama adalah menggobati diabetes.

Diabetes adalah sebuah penyakit yang berkenaan dengan kadar gula seseorang. Di mana kadar glukosa atau gula darah meningkat sampai di atas batas normal. Untuk tipenya sendiri, ada dua jenis tipe diabetes, yakni tipe 1 dan tipe 2.

Pasca penemuan insulin, para ahli segera melakukan beberapa tes laboratorium, melakukan pengujian pada seekor anjing, dan hasilnya pun memuaskan.

Akhirnya insulin secara resmi untuk mengobati diabetes. Pertama kali oleh manusia pada tahun 1922. Saat itu, pasiennya adalah seorang anak laki-laki berusia 14 tahun penderita diabetes tipe 1, bernama Leonard Thompson.

Pengobatannya pun berjalan dengan sukses. Leonard berhasil sembuh. Sejak saat itulah produksi insulin makin gencar secara massal.

BBC/Reporter: Intan Nadhira Safitri

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Perjuangkan Kesejahteraan Buruh dan Petani, Dani Eko Wiyono Siap Maju Calon Bupati Sleman Melalui Jalur Independen

Mata Indonesia, Sleman - Alumni aktivis 98 sekaligus aktivis yang selalu menyuarakan aspirasi buruh/pekerja Daerah Istimewa Yogyakarta, Dani Eko Wiyono ST. MT ini bertekad maju bakal calon bupati Sleman dalam Pilkada Sleman nanti. Dani menilai, hingga saat ini, mayoritas kehidupan buruh masih sangat jauh dari kata sejahtera. Buruh masih dianggap hanya sebagai tulang punggung ekonomi bangsa tanpa diperjuangkan nasib hidupnya.
- Advertisement -

Baca berita yang ini