bank bjb Ekspor 6 Produk Binaan ke Australia, Kanada, dan Eropa

Baca Juga

MATA INDONESIA, BANDUNG – bank bjb bekerja sama dengan Indonesia In Your Hand serta PT Varuna Tirta Prakasya (Persero) atau VTP Logistics melepas ekspor produk debitur atau binaan bank bjb ke pasar Australia, Eropa, dan Kanada.

Acara ini digelar pada Selasa 2 November 2021 di Lantai 7 Menara bank bjb. Tujuan acara ini untuk mewujudkan program Go Global. Yaitu upaya bank bjb mendorong kemajuan usaha debitur UMKM binaannya agar dapat memasarkan produknya ke luar negeri.

Hadir dalam kegiatan tersebut Direktur Komersial dan UMKM bank bjb Nancy Aditysari, Pemimpin Divisi Kredit UMKM Denny Mulyadi, Pemimpin Kantor Cabang Majalaya Adytia Sovana. Selain itu hadir CEO Indonesia In Your hand Amiranto Adi Wibowo, dan Direktur Utama VTP Logistics Adi Nugroho.

Jenis produk yang akan ekspor berasal dari enam debitur. Sedangkan jenis produknya adalah Kopi Jawa Barat (Wanoja Coffee), Batik Kasumedangan (Nafira Batik), Kerajinan Rotan (Rifqy Jaya Rattan), Tikar Mendong Tasikmalaya (Ismi Tikar), Kopiah (Gucimas), dan Sapu Ijuk (PT. Tricahaya Mitratama).

Direktur Komersial dan UMKM bank bjb Nancy Aditysari menjelaskan perhatian kepada pelaku UMKM tidak hanya pada produk pembiayaan yang beragam dan terjangkau. Namun juga melalui program PESAT (Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Terpadu). Tujuannya untuk meningkatkan kompetensi UMKM.

Dia menambahkan dalam program PESAT, bank bjb memiliki pilar Go Digital yang menjadi dasar program pemberdayaan melalui digitalisasi, baik untuk pembelajaran maupun untuk komunikasi, yaitu melalui aplikasi DiSentra.

“Saat ini menjadi tanda bahwa saatnya pilar program pemberdayaan debitur juga bertambah dengan Go Global,” ujar Nancy.

Indonesia In Your Hand dan VTP Logistics meluncurkan layanan Fulfillment Center di luar negeri untuk memenuhi kebutuhan warehouse. Ini tempat penyimpanan barang dan pemasaran dengan marketplace dunia. Dalam hal ini produk-produk debitur UMKM bank bjb akan tersimpan di warehouse tersebut. Setelah itu pemasaran barang-barang ini melalui marketplace dunia untuk menanti pembeli di Australia, Kanada, dan negara-negara di Eropa.

Kesepakatannya akan bersama-sama mendorong agar produk-produk debitur UMKM bank bjb yang memiliki keunggulan dan potensi dapat naik kelas dengan terpasarkan di luar negeri.

Nancy mengatakan UMKM memiliki peran penting dalam menggerakan perekonomian daerah. Sebagai motor penggerak, UMKM berkontribusi terhadap penciptaan lebih dari 90% lapangan pekerjaan di tingkat nasional.

“bank bjb fokus menggarap sektor UMKM yang berorientasi ekspor. Ini untuk mendorong pelaku usaha memiliki nilai tambah dan daya saing di pasar global. Sekaligus upaya pemulihan ekonomi nasional, terutama di masa pandemi COVID-19. Selain itu mendorong pelaku UMKM khususnya di Jawa Barat agar dapat naik kelas,” ujar Nancy. (Adv)

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Peningkatan Infrastruktur di Bali Bukti Komitmen Indonesia Siap Selenggarakan WWF 2024

World Water Forum Ke-10 di Bali pada 18-24 Mei 2024 diharapkan akan menghasilkan berbagai solusi masalah air termasuk sanitasi...
- Advertisement -

Baca berita yang ini