Tahun Ini Jokowi Bakal Sambungkan Trans Papua

Baca Juga

MINEWS.ID, JAKARTA – Trans Papua merupakan salah satu pembangunan prioritas Pemerintahan Jokowi – Jusuf Kalla (JK) pada periode 2015-2019. Tahun ini sekitar 4.330 kilometer Trans Papua diusahakan tersambung.

Tujuan Jokowi sama dengan cita-cita almarhum Presiden Soeharto yaitu membuka isolasi dan pemerataan ekonomi Papua dan Papua Barat.

Soeharto mulai mewujudkan proyek impiannya itu pada 1980 dan ditargetkan selesai dalam tiga tahun.

Tiga tahun hanya untuk membangun tiga ruas jalan utama yaitu Nabire-Ilaga sepanjang 300 kilometer, kedua ruas Abepura – Ubup juga 300 kilometer dan terakhir ruas Merauke – Digul 250 kilometer.

Namun hingga Soeharto lengser 1998 banyak jalan yang tidak selesai karena kondisi alam dan cuaca yang ekstrem serta mahalnya transportasi logistik.

Tetapi membuka keterisolasian Papua dan Papua Barat tidak boleh berhenti, maka selalu menjadi warisan dari pemerintahan satu ke pemerintahan lainnya sejak era Habibie.

Juru Bicara TKN Jokowi-Ma’ruf Amin, Inas Nasrullah Zubir mengutip data pembangunan dan pemeliharaan jalan dari ditjen Bina Marga menyebutkan sejak era Habibie, Gus Dur dan Megawati Trans Papua dibangun sepanjang 2.078 kilometer.

Namun pembangunan jalan itu tanpa perkerasan sehingga beberapa ruasnya kembali rusak akibat kondisi alam saat Jokowi menjadi presiden.

Sementara di era Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sejak 2007 hingga 2014 berhasil membangun sepanjang 1.211 kilometer Trans Papua.

Ada pun Pemerintahan Jokowi hingga 2018 sudah dibangun 870 kilometer dan tahun ini diharapkan mencapai target 1.041 kilometer Trans Papua.

Saat SBY berkuasa selama dua periode telah dibangun 4.040 kilometer jalan nasional di Papua. Selain itu, melakukan pemeliharaan dan pengaspalan ulang sepanjang 18.263 klometer.

Sedangkan di periode pertama Jokowi dibangun 1.982 kilometer jalan nasional di Papua. Sedangkan pemeliharaan dan pengaspalan sepanjang 14.367 kilometer.

Menurut data Kementerian PUPR, Pemerintahan Jokowi berhasil membuat 1.070,62 kilometer Trans Papua di Papua Barat terhubung seluruhnya sejak akhir 2017.

Ruas jalan itu membentang dari Sorong hingga Wasior dan perbatasan Provinsi Papua. Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) XVII Manokwari Yohanis Tulak Todingrara menyebutkan ruas itu bisa dilalui sekitar 36 jam.

Fokus Pemerintah Jokowi saat ini adalah menyambungkan ruas Trans Papua yang ada di Provinsi Papua. Panjang seluruhnya sekitar 3.259 kilometer.

Kondisi awal ruas itu sama dengan Trans Papua di Papua Barat, terputus di beberapa tempat. Dengan pembangunan jalan sepanjang 865 kilometer ruas tersebut akan bisa terhubung di tahun ini.

Jika terhubung maka sejak dari Sorong – Nabire – Wamena – Jayapura – Oksibil – hingga Merauke sepanjang 4.330 kilometer bisa ditempuh lewat darat.

Berita Terbaru

Jelang Hari Buruh Sedunia, Polda DIY Serahkan Bantuan Sembako

Mata Indonesia, Yogyakarta – Memperingati Hari Buruh Sedunia, Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan, S.I.K., M.H., menyerahkan bantuan sembako kepada Koperasi Konsumen Persatuan Buruh DIY di Gedung Pertemuan Bumi Putera Yogyakarta, Pakualaman, Kota Yogyakarta, Selasa (30/4/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini