Alhamdulillah! Burung Ini Akhirnya Bisa Terbang Lagi Setelah Mendapat Transplantasi Bulu

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Seorang dokter hewan telah memberikan bulu baru yang dipasang untuk seekor burung nuri berumur dua belas minggu. Sayap burung nuri itu sebelumnya pernah dipotong untuk alasan mempercantik dirinya. Namun, malah membuatnya tidak bisa terbang.

Seperti banyak burung peliharaan, burung yang diberi nama Wei Wei Conure Cheeked Green sebelumnya memiliki sayap yang utuh, namun tinggal sebagian kecil. Sementara itu belum diketahui siapa pelakunya, apakah dilakukan oleh pemilik Wei Wei, toko hewan peliharaan, peternak, atau dokter hewan lainnya.

Dokter hewan Catherine Apuli (31) dari Brisbane, Australia ‘The Unusual Pet Vets’ mempuyai inisiatif untuk menempelkan sayap baru dan dilem ke tubuh Wei Wei ketika burung itu tidak sadarkan diri.

Dikenal dengan sebutan ‘imping’, memperbaiki bulu yang rusak dengan menempelkan bagian yang baru adalah cara pengobatan yang sudah berusia berabad-abad, dan tidak akan menyakiti burung itu sendiri.

Proses penempelan ini terletak pada kedua sayap burung yang rusak menggunakan menggunakan lem dan menggunakan pendukung lainnya, dalam kasus Wei Wei menggunakan tusuk gigi.

Operasi itu sukses total, Wei Wei akhirnya bisa mengudara dalam beberapa jam. Prosedur imping dilakukan untuk mencegah cedera fisik lebih lanjut dan bisa terbang kembali dengan optimal.

Melansir dari Dailymail, bulu-bulu imping itu sebelumnya di dapat dari pendonor. Setiap bulu kemudian dibersihkan, disterilkan, dan dikeringkan sebelum digunakan kembali.

Pangkal bulu dipotong untuk memungkinkan masuknya tusuk gigi kayu, kemudian dihubungkan dengan lem perekat.

Setelah selesai proses imping, Wei Wei ditempatkan di kamar rumah sakit yang bersuhu hangat selama beberapa jam sebelum dilatih untuk terbang kembali.

Dengan beberapa upaya yang dilakukan, Wei Wei mampu terbang dengan baik dan bisa mendarat dengan aman.

(Mila Arinda)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Jelang Hari Buruh Sedunia, Polda DIY Serahkan Bantuan Sembako

Mata Indonesia, Yogyakarta – Memperingati Hari Buruh Sedunia, Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan, S.I.K., M.H., menyerahkan bantuan sembako kepada Koperasi Konsumen Persatuan Buruh DIY di Gedung Pertemuan Bumi Putera Yogyakarta, Pakualaman, Kota Yogyakarta, Selasa (30/4/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini