TNI Selidiki Dugaan Anggotanya Terlibat Kampanye Prabowo-Sandi

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Kepala Pusat Penerangan Mabes TNI Mayjen Sisriadi angkat bicara soal kemungkinan ada oknum anggotanya yang terlibat dalam kampanye Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Hal ini buntut dari keberadaan mobil berpelat TNI nomor 3005-00 di acara relawan Prabowo-Sandi.

“Saat ini pihaknya masih menyelidiki soal mobil berpelat TNI dalam acara kampanye pasangan calon nomor urut 02 itu. Termasuk siapa yang menggunakan mobil dimaksud,” katanya.

Sebelumnya, Mabes TNI menyatakan bahwa pelat bernomor 3005-00 seharusnya digunakan di mobil Mitsubishi Lancer, bukan Mitsubishi Pajero seperti yang digunakan di acara relawan Prabowo-Sandi.

Selain menyatakan masih menyelidiki, Sisriadi juga tidak menjawab tegas apakah ada kemungkinan oknum TNI yang terlibat dalam kampanye. Dia hanya menegaskan bahwa Mabes TNI tengah melakukan penyelidikan seraya menggarisbawahi TNI berada dalam posisi netral selama Pemilu 2019.

“TNI dan Polri siap mendukung pelaksanaan pemilu 2019 agar sukses dan lancar. Jadi bukan masalah kecolongan atau tidak,” katanya.

Di tempat yang sama, Komandan Pusat Polisi Militer (Danpuspom) TNI Mayjen Dedi Iswanto mengatakan hal serupa. Dia enggan berandai-andai soal kemungkinan sanksi yang diberikan bilamana terbukti ada oknum TNI yang terlibat kampanye Prabowo-Sandi dan menggunakan mobil berpelat nomor terbitan Mabes TNI.

“Akan kita cari tahu unsur-unsur pelanggaran yang dilakukan. Dari unsur-unsur itulah nanti kita akan lakukan sanksi, sanksinya seusai dengan itu,” ujarnya.

Sejauh ini, Dedi tidak mengatakan Mabes TNI telah melakukan pemeriksaan terhadap pihak yang diduga terlibat dalam penggunaan pelat bernomor 3005-00 itu. Dia hanya menyebut Mabes TNI sudah memeriksa pihak yang berwenang dan berkewajiban mengeluarkan pelat bernomor 3005-00 di lingkungan Mabes TNI.

“Kita mulai dengan pengecekan data yang teregistrasi dulu. Selanjutnya tentu akan mencari keterangan terkait,” katanya.

Sebelumnya, ramai beredar video mobil berjenis Mitsubishi Pajero berpelat nomor Mabes TNI 3005-00 digunakan dalam acara relawan Prabowo-Sandi di Bogor, Jawa Barat. Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi mengaku masih belum mengetahui siapa pengguna mobil tersebut.

Berita Terbaru

Hadiri Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Pemkab Sleman Ajak Teladani Akhlak Rasulullah SAW

Mata Indonesia, Sleman - Memperingati hari kelahiran nabi agung umat Islam, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas IIB Sleman mengadakan acara Maulid Nabi Muhammad SAW pada hari Jumat (20/9). Hadir pada acara tersebut Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa.
- Advertisement -

Baca berita yang ini