Komunitas Youthjokarto Gelar “Nonton Bareng Pesta Oligarki”

Baca Juga

Mata Indonesia, Yogyakarta – Bertempat di SOS Children’s Villages Yogyakarta berlangsung acara nonton bersama dengan tema “Nonton Bareng Pesta Oligarki” yang diselenggarakan oleh Komunitas Youthjokarto, dengan koordinator acara sekaligus mahasiswi Akademi Kesejahteraan Sosial-AKK (AKS-AKK) Yogyakarta, Happy (16/10/2024).

Kegiatan nonton bersama (nobar) dilaksanakan dalam rangka jelang transisi pemerintahan mengajak mahasiswa di kampusnya agar terbuka pikiran akan situasi politik Indonesia yang sedang tidak baik-baik saja karena menurutnya kurang mengikuti perkembangan politik.

Nobar tersebut berjudul Pesta Oligarki karena pemilu yang ada dinilai hanya menjadi pesta penguasa.

¨Dinamakan pesta oligarki karena pemilu dilaksanakan hanya sebagai pesta untuk para penguasa, semua sudah mengetahui ujungnya, dan masyarakat hanya dijadikan tamu saja. Setelah selesai hanya menjadi sebuah perayaan pada sebuah realita bahwa demokrasi tidak benar-benar ada. Dalam film tersebut akan disajikan terkait proses berjalannya pemilu, isu-isu yang mulai saat itu muncul, pelanggaran konstitusi, dan bagaimana anak presiden bisa menjadi calon wakil presiden. Partai politik di Indonesia hanya menjadi bendera segelintir orang yang akan berpindah-pindah sesuai kepentingan yang ada, ¨ungkap Happy.

Pihaknya berharap setelah nonton film oligarki ini, para peserta yang hadir dapat memahami arti oligarki, dan hubungan oligarki dengan pemilu didaerah asalnya masing-masing, serta tidak hanya mengikuti pilihan politis orang tuanya. Kemudian peserta kedepan akan lebih berpikir kritis, memiliki satu kegiatan konkrit yang mungkin bisa diselaraskan dengan organisasi lainnya dan membuat pergerakan yang jelas.

¨Mahasiswa jangan apatis, sebenarnya politik ini sangat bersinggungan dengan kehidupan sahari-hari dan kita sendiri yang akan terkena dampaknya. Harapan pada pemimpin yang terpilih tidak melakukan pelanggaran konstitusi dan berbagai program yang disampaikan dapat terealisasikan,¨ tegas Pengurus Youthjokarto tersebut.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

KSPI NTT Akan Perjuangkan Kenaikan UMP 2025 Sebesar 10 Persen

Minews.id, Kota Kupang - Upah Minimum Provinsi (UMP) di wilayah NTT menjadi salah satu topik yang akan kembali diperjuangkan...
- Advertisement -

Baca berita yang ini