Sempat Memanas Aksi Demo Tolak BBM Akhirnya Bubar, Polisi Kawal Pemulangan Massa

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Aksi demo menolak kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) oleh Aliansi Gerakan Buruh Bersama Rakyat (Gebrak) bersama sejumlah elemen mahasiswa akhirnya bubar di patung kuda.

“Massa mahasiswa sempat masih bertahan kurang lebih 2.000 orang dari berbagai universitas di Jakarta dan sekitarnya,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan di Kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat.

Massa tidak lagi melakukan orasi, namun menyanyikan berbagai lagu seperti Darah Juang, Buruh Tani, Garuda Pancasila hingga Halo-halo Bandung.

Selain menyanyi, massa juga terlihat melakukan pembakaran ban, spanduk, petasan, hingga berusaha membuka barikade yang dibuat pihak kepolisian.

Pihak kepolisian memberikan imbauan pada massa untuk membubarkan diri melalui pengeras suara dari unit mobil Pengurai Massa (Raissa) yang ditambah dengan pembacaan Asmaul Husna oleh polisi di belakang barikade.

Massa membubarkan diri usai menyampaikan tuntutan Patung Kuda, Jakarta Pusat pada Selasa sekitar pukul 20.30 WIB.

“Kami imbau pada masyarakat dan mahasiswa yang telah melakukan aksinya, saat ini telah lewat waktunya, silakan pulang, ingat orang-orang terdekat kita menunggu di rumah, semoga selamat sampai tujuan,” katanya.

Jalan Medan Merdeka Barat yang merupakan akses menuju ke Istana Kepresidenan sendiri telah ditutup oleh kepolisian sejak pukul 11.00 WIB.

Jalan Medan Merdeka Barat ditutup di kawasan depan Gedung Kementerian Pariwisata menggunakan kawat berduri berlapis dua yang ditumpu pagar beton, di belakangnya, terdapat pagar barikade yang juga menutupi jalan tersebut setinggi dua meter.

Sejumlah petugas gabungan Polri, TNI dan Polisi Pamong Praja (Pol PP) juga tampak bersiaga di kawasan Patung Kuda.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Jaga Kondusifitas Selama Tahapan Pilkada

Oleh : Wira Wicaksana )* Menjaga kondusifitas merupakan kunci penting untuk memastikan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang aman dan...
- Advertisement -

Baca berita yang ini