Pohon Apel Newton di Cambridge Tumbang karena Badai

Baca Juga

MATA INDONESIA, LONDON – Kloningan Pohon Apel yang menjadi inspirasi Sir Issac Newton menemukan hukum gravitasi tumbang karena badai Eunice pada Jumat 18 Februari 2022 lalu.

Pihak kampus menanam Pohon Apel di Kebun Raya milik Universitas Cambridge, Inggris,

Kurator kebun raya, Dr Samuel Brockington, mengatakan pohon itu di tanam pada tahun 1954 dan telah berdiri di pintu masuk taman botani Brookside selama 68 tahun.

Pihak kebun raya mengatakan masih memiliki tiruan dari pohon itu yang akan segera di tanam di tempat lain. Pohon yang asli yang mengarahkan Newton untuk menyusun teori gravitasinya, ada di Woolsthorpe Manor di Grantham, Lincolnshire.
Cangkokan Pohon Apel Newton
Cangkokan Pohon Apel Newton

Meskipun tertiup angin kencang pada abad ke-19, pohon itu bisa awet  dan selama bertahun-tahun telah diperbanyak dengan okulasi, berupa pengikatan salah satu pucuknya ke pohon muda lainnya.

Menurut Dr Brockington, analisis menunjukkan tiga pohon di Cambridge – termasuk satunya di kebun raya. Adalah tiruan dari pohon apel asli Newton.

Dia mengatakan meskipun sedih karena merasa kehilangan, pihaknya sadar usia pohon itu memang tidak bakal lama lagi. Apalagi jamur sudah mengerogoti pohon tersebut.

Namun, pihaknya telah mengkloning pohon itu, “melalui ilmu pencangkokan yang luar biasa, sehingga Pohon itu akan terus menjadi koleksi kami”, katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Marak Kasus Keracunan Makanan, Dinkes DIY Kewalahan Awasi Pengusaha Katering, Tapi Punya Langkah Ini

Mata Indonesia, Yogyakarta - Kasus keracunan makanan semakin meningkat di Yogyakarta, salah satunya terjadi di Wonosari, Gunungkidul beberapa waktu lalu. Kasus itu menimpa puluhan warga yang mengalami keracunan setelah menghadiri acara keagamaan pada 15 September 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini