Alami Dehidrasi dan Kelelahan, 252 Jamaah Haji Indonesia Dirawat di RS Arab Saudi

Baca Juga

MATAINDONESIA, JAKARTA – Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) mencatat, sebanyak 252 jamaah haji asal Indonesia dirawat di rumah sakit di Arab Saudi. Pemicunya karena mereka kelelahan dan dehidrasi atau kurang minum saat menjalankan ibadah haji.

Kepala Pusat Kesehatan Haji Eka Jusup Singkat mengatakan dari jumlah 252 orang itu terbagi di dua tempat, 121 di Madinah dan 131 di Makkah. Faktor kelelahan dan dehidrasi menjadi penyebab utamanya mereka dirawat.

Agar pasien tidak bertambah terus, dirinya meminta kepada seluruh PPIH bidang kesehatan, selalu mengingatkan jamaahnya untuk banyak minum air dan hindari aktivitas berlebihan dan tidak perlu.

“Penyelenggara kesehatan haji supaya memberikan warning kepada jamaah haji untuk bisa rutin minum air. Kemudian, istirahat yang cukup karena ini faktornya,” ujarnya.

Selain itu, KKHI mencatat sebanyak 455 orang orang jamaah haji telah ditangani oleh KKHI baik di Makkah maupun Madinah. Dari jumlah tersebut, sebanyak 51 orang masih dirawat. Perinciannya, 15 orang jamaah dirawat KKHI Madinah, sedangkan 36 orang jamaah dirawat KKH Makkah.

Eka berpesan, kepada seluruh jamaah yang sudah kembali ke kloternya masing-masing khususnya seluruh jamaah haji Indonesia untuk tetap menjaga pola hidup sehat.

Berita Terbaru

Jelang Hari Buruh Sedunia, Polda DIY Serahkan Bantuan Sembako

Mata Indonesia, Yogyakarta – Memperingati Hari Buruh Sedunia, Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan, S.I.K., M.H., menyerahkan bantuan sembako kepada Koperasi Konsumen Persatuan Buruh DIY di Gedung Pertemuan Bumi Putera Yogyakarta, Pakualaman, Kota Yogyakarta, Selasa (30/4/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini