Tiga WNA Cina yang Masuk via Manado Diduga Positif Covid-19 Varian Omicron

Baca Juga

MATA INDONESIA, MANADO – Tiga warga negara asing (WNA) asal Cina yang masuk ke Indonesia via Bandara Samratulangi, Manado, terindikasi positif Covid-19 varian Omicron.

Hal ini diungkapkan Jubir Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Sulawesi Utara, dr. Steaven Dandel MPH.

“Sesuai dengan peringatan dari WHO tanggal 22 November 2021 ada varian of concern yang harus diwaspadai bersama yaitu Omicron,” ujarnya.

“Bandara Sam Ratulangi adalah satu bandara dari beberapa bandara yang diizinkan pemerintah pusat untuk pelaku perjalanan internasional. Kita melakukan PCR dan antigen,” katanya.

Selama sepekan terakhir, ada enam pelaku perjalanan internasional berasal dari Cina positif Covid-19 yang kemudian diperiksa lanjutan ke BTKL-PP Mapanget menggunakan reagen khusus yang didatangkan Kemenkes.

Reagen bisa mendeteksi gen-S yang ada di Sarscov-2 yang bisa mengindikasikan sampel orang yang positif tersebut probabilitasnya kepada Omicron cukup kuat. Tapi, gen-S tersebut bisa juga terdapat terdapat pada varian lainnya, sehingga untuk standar kemasnya harus diperiksa melalui ‘Whole Genome Sequencing’ (WGS).

“Jadi sampel yang terindikasi tersebut dikirim ke Puslitbangkes dan akan dilakukan WGS, diurai komponen genetiknya dan dibandingkan ke ‘database’ untuk memastikan tiga orang terdeteksi di BTKL-PP itu varian Omicron atau tidak,” ucapnya.

Hingga saat ini, ketiga WNA Cina itu statusnya masih ‘probable’.

“Hasil dari Puslitbangkes tersebut akan ada dalam tiga atau empat hari untuk memastikan apakah varian Omicron atau tidak,” ucapnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Masyarakat Papua Tegas Menolak Keberadaan OPM

Oleh: Petir Dominggus )* Masyarakat Papua secara tegas menolak keberadaan Organisasi Papua Merdeka (OPM) yang selama ini dianggap sebagai ancaman...
- Advertisement -

Baca berita yang ini