Tak Ada Korban Jiwa saat Pembakaran Kantor KPU Yalimo Papua

Baca Juga

MATA INDONESIA, YALIMO – Kerusuhan massa pecah di Kabupaten Yalimo, Papua pada Selasa 29 Juni 2021. Menurut keterangan Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri, ada sejumlah fasilitas pemerintah yang dibakar yaitu Kantor DPRD Yalimo, kantor Bawaslu, kantor KPU, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan dan Kantor BPD Papua.

“Namun Tidak ada korban jiwa dalam dalam aksi tersebut,” ujarnya di Jayapura, Selasa 29 Juni 2021.

Mathius juga menjelaskan bahwa aparat kepolisian dibantu TNI saat ini masih melakukan pengamanan di Elelim, Ibu Kota Kabupaten Yalimo.

“Rekan-rekan kami di sana siaga 1. Kami akan mengirim pasukan ke sana, yang dipimpin langsung Dir Pamovid Polda Papua,” katanya.

Tak hanya itu, Polda Papua juga megirimkan dua SST atau 6- personil Brimob Polda Papua untuk membantu Polres Yalimo. Pasukan Brimob tersebut telah diterbangkan menggunakan pesawat pada Rabu pagi, 30 Juni 2021.

Mathius juga memerintahkan Polres Yalimo untuk mengamankan warga. Hal itu bertujuan agar masyarakat, khususnya pendatang tidak menjadi korban aksi anarkis tersebut.

“Saya sudah perintahkan untuk segera mengemankan markas dan masyarakat pendatang supaya tidak menjadi korban amuk massa anarkis,” ujarnya.

Bahkan, lanjut dia, saat ini kantor-kantor kepolisian, baik Polres dan Polsek hingga Pos Pol akan digunakan untuk menampung warga.

“Bangunan kantor polisi akan dijadikan tempat berlindung masyarakat dan kami pastikan keselamatannya,” katanya.

Sembari melakukan upaya penindakan, Kapolda juga telah memerintahkan untuk melakukan pendekatan kepada para tokoh di Yalimo.

“Pendekatan akan dilakukan supaya dapat meredam aksi ini,” ujarnya.

Sebagai informasi, kerusuhan di Yalimo ​dipicu oleh hasil putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait sengketa Pilkada di Yalimo. MK mendiskualifikasi kepesertaan pasangan calon pasangan calon nomor urut 1, Erdi Dabi-Jhon Wilil. Diduga massa pendukung paslon nomor 1 pun melakukan serangkaian aksi anarkis.

Selain merusak kantor-kantor pemerintah, massa juga merusak jembatan kayu yang berada di ruas jalan Elelim-Wamena. Hal tersebut menyebabkan akses transportasi ke sana terputus.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Kondisi Ekonomi Global Bergejolak, Chuck: Saatnya Presiden Prabowo Menerapkan Rezim Pemulihan Aset

Mata Indonesia, Jakarta - Kondisi perekonomian global masih diwarnai ketidakpastian dengan laju pertumbuhan belum optimal yang dipengaruhi oleh lemahnya...
- Advertisement -

Baca berita yang ini