Jangan Lepas Makser saat ‘Selfie’, Mengapa?

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Di masa pandemi ini, masker sudah jadi kebutuhan penting dan harus digunakan setiap saat ketika keluar rumah. Bukan karena takut akan razia dari petugas, tapi untuk keselamatan dan menjaga diri dari paparan virus Covid-19.

Namun, masih ada saja masyarakat yang sering kali tak menggunakan masker dengan baik dan benar saat berpergian. Terlebih saat mereka sedang menghadiri acara seperti pernikahan atau pesta lainnya.

Saat menghadiri acara penting, banyak dari mereka yang rela melepas masker hanya untuk berfoto atau selfie bersama teman-teman. Padahal hal tersebut tak baik dilakukan loh!

Melepas masker saat selfie jelas bukan ide yang baik. Membuka masker apalagi tidak menjaga jarak, sama saja memperbesar risiko penularan. Tidak heran muncul banyak klaster penularan termasuk klaster pesta pernikahan.

Erlang Samoedro, selaku dokter spesialis paru, mengatakan melepas masker walaupun sebentar tetap berisiko menularkan virus Corona. Apalagi untuk kepentingan berfoto yang tak menetapkan jaga jarak.

“Walau sebentar, namanya lepas masker berisiko tertular apalagi tidak menjaga jarak,” kata Erlang pada Selasa 29 September 2020.

Ketika selfie, umumnya orang akan saling berdekatan agar bisa ikut terpotret dengan bagus. Mereka juga berpikir tak afdol rasanya jika berswafoto tanpa memperlihatkan wajah.

Erlang menegaskan, seharusnya masker tetap dikenakan sepanjang acara pernikahan atau pesta lainnya. Penggunaan masker termasuk bagian protokol kesehatan yang wajib dilakukan untuk menekan penularan virus corona.

Kendati demikian, Erlang mengatakan belum ada penelitian terkait seberapa persen risikonya untuk lepas masker walau sebentar untuk selfie. Namun, ia tetap mengimbau masyarakat agar tetap menggunakan masker dan jaga jarak saat sedang ber-selfie bersama teman-teman di acara pesta.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Polda DIY Gelar Nonton Bareng Timnas U23

Mata indonesia, Yogyakarta - Euforia lolosnya tim nasional (timnas) Indonesia U23 difase semifinal turnamen sepakbola Piala Asia 2024 sangat terasa. Antusiasme suporter sepakbola diseluruh Indonesia sangatlah besar, hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya tempat yang menggelar event nonton bareng (nobar).
- Advertisement -

Baca berita yang ini