Mata Lelah saat WFH? Nih Tipsnya untuk Mengatasinya

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Di masa pandemi saat ini, work from home (WFH) menjadi sistem kerja baru yang mau tak mau harus di hadapi dan akan berlangsung selama beberapa waktu ke depan. Hal tersebut agar mengurangi dampak dari terpaparnya virus Covid-19.

Dengan adanya WFH ini, segala sesuatu yang serba virtual membuat kita harus memandang layar gadget selama berjam-jam. Oleh karena itu, mata terkadang terasa lelah, kering dan perih. Bagaimana pun juga mata kita juga perlu istirahat loh.

Nah, biar matamu gak tersiksa saat WFH seperti ini, yuk simak caranya biar matamu tetap nyaman saat bekerja.

  1. Posisikan Layar Laptop

Posisi layar laptop pada dasarnya mempengaruhi cara kerja matamu loh. Jika posisinya tak nyaman, maka matamu akan cepat merasa Lelah.

Pastikan layar laptopmu berada di posisi sekitar 30 derajat setinggi mata ya. Hal ini mampu mengurangi stress pada mata dan dapat mencegah kelelahan pada leher dan pundak.

2. Atur Pencahayaan

Pencahayaan ruanganmu nyatanya juga berpengaruh pada kesehatan matamu. Pencahayaan yang tepat sangat penting dan berpengaruh dalam mengurangi ketegangan mata. Jika cahaya pada layar gadget masuk ke arah mata terlalu berlebihan, maka mata akan Lelah dan sakit. Jadi pastikan pencahayaan di ruanganmu sudah pas ya.

3. Berkedip

Kadang terlalu fokus pada kerjaan membuat mata kita memandang gadget terlalu lama hingga lupa berkedip. Faktanya, sering berkedip mampu membantu melembapkan mata loh. Jika matamu jarang berkedip, maka akan menyebabkan kering, gatal dan penglihatan menjadi kabur.

Sering-seringlah berkedip meski kamu sedang saat fokus bekerja. Dianjurkan kamu untuk berkedip sekitar 10-20 kali setiap menit guna mengurangi ketegangan mata.

4. Gunakan Kacamata

Nah, jika kamu sudah sering berkedip, lebih afdol jika kamu juga mengenakan kacamata saat bekerja di depan gadget. Selain mengurangi mata Lelah, kacamata juga berfungsi menghalangi radiasi yang disebabkan dari layar gadget. Dengan demikian, matamu juga terlindungi dari resiko katarak.

5. Beristirahat

Dari semua upaya diatas, ada baiknya kamu tidak memforsir matamu dalam bekerja. Jika dirasa sudah Lelah, istirahat lah terlebih dahulu. Gak cuma badan aja yang butuh istirahat, matamu juga diistirahatkan ya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Jelang Hari Buruh Sedunia, Polda DIY Serahkan Bantuan Sembako

Mata Indonesia, Yogyakarta – Memperingati Hari Buruh Sedunia, Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan, S.I.K., M.H., menyerahkan bantuan sembako kepada Koperasi Konsumen Persatuan Buruh DIY di Gedung Pertemuan Bumi Putera Yogyakarta, Pakualaman, Kota Yogyakarta, Selasa (30/4/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini