Mulai September 2023, Perjalanan Umrah ke Arab Saudi dari Bandara YIA Siap Dibuka

Baca Juga

Mata Indonesia, Yogyakarta – Masyarakat DIY dan sekitarnya sudah tak perlu jauh-jauh untuk terbang ke Solo atau Surabaya untuk menjalani ibadah umrah ke Arab Saudi.

Hal itu menyusul bulan September 2023, sudah ada penerbangan dari maskapai di tanah air yang menyediakan layanannya.

Menanggapi rencana tersebut, General Manager Bandara YIA, Agus Pandu Purnama, membenarkan rencana itu. Namun dia mengatakan bahwa pihaknya masih menunggu surat permintaan pembukaan rute resmi dari Lion Air meskipun Bandara YIA sudah siap untuk membuka rute penerbangan baru tersebut.

“Kita sudah siap, hanya saja tinggal menunggu dari pihak Lion Air itu,” ujar dia, Jumat 14 Juli 2023.

Sementara itu, Danang Mandala Prihantoro, Corporate Communications Strategic Lion Air, maskapai ini akan membuka penerbangan langsung dari Bandara Internasional Yogyakarta (Bandara YIA) ke Arab Saudi tanpa transit.

Langkah ini merupakan upaya Lion Air untuk meningkatkan aksesibilitas bagi calon jemaah umrah dan wisatawan yang berasal dari Yogyakarta dan wilayah sekitarnya.

“Jadi kami kerjasama dengan Saudi Tourism AuthorityLion Air. Tujuan kolaborasi ini adalah menyediakan penerbangan umrah dan wisata musim panas yang mudah di Saudi, dengan harapan dapat memberikan kemudahan, promosi destinasi wisata menarik, peningkatan kunjungan, pertumbuhan ekonomi, dan mempererat hubungan bilateral antara kedua negara,” ujar Danang melalui keterangannya.

Penerbangan langsung ini akan mempercepat perjalanan calon jamaah umrah dan wisatawan, memberikan mereka lebih banyak waktu untuk menunaikan ibadah dan menikmati wisata di Saudi.

Beberapa keuntungan lainnya adalah kemudahan perjalanan, jadwal keberangkatan yang tepat, kenyamanan perjalanan, optimasi waktu, pengalaman religi yang mendalam, dan peningkatan aksesibilitas.

Lion Air akan menggunakan pesawat berbadan lebar seperti Airbus 330-300 dan Airbus 330-900 NEO dengan kapasitas pesawat mencapai 443 kursi. Desain kabin yang luas dan fasilitas modern akan memberikan pengalaman terbang yang nyaman bagi penumpang.

Dengan adanya penerbangan umrah ini, Bandara YIA akan menjadi tujuan baru Lion Air setelah Jakarta, Surabaya, Makassar, Medan, Batam, Padang, Pekanbaru, Banda Aceh, Kertajati, dan Balikpapan.

Rencananya, penerbangan umrah perdana dari Bandara YIA akan dilakukan pada 7 September 2023 dengan pesawat A330 yang memiliki kapasitas 433 seat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Tindakan OPM Semakin Keji, Negara Tegaskan Tidak Akan Kalah Lawan Pemberontak

Organisasi Papua Merdeka (OPM) banyak melancarkan aksi kekejaman yang semakin keji. Maka dari itu, negara harus tegas untuk tidak...
- Advertisement -

Baca berita yang ini