Ternyata Ini Lho Penyebab Kantuk saat Puasa

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Ada berbagai perubahan yang akan dialami selama menjalani ibadah puasa, mulai dari perubahan pola makan hingga waktu tidur.

Ada berbagai alasan yang membuat kamu merasa sangat mengantuk selama menjalankan ibadah puasa. Biasanya, setelah menjalankan sahur tubuh akan terasa segar, tetapi memasuki siang hari biasanya tubuh akan menjadi lemas dan mengalami kantuk berat.

Berikut beberapa penyebab kamu merasa ngantuk selama menjalankan ibadah puasa:

Perubahan Pola Tidur
Saat bulan puasa, kamu diwajibkan untuk menjalankan sahur saat dini hari. Hal ini menyebabkan perubahan pola tidur yang kamu jalani selama bulan Ramadan. Belum lagi jika kamu harus menyiapkan makanan untuk sahur yang membuat kamu harus bangun lebih awal.

Selain itu, banyak orang yang langsung melanjutkan aktivitas setelah sahur sehingga jam tidur menjadi berkurang. Maka tidak heran jika memasuki waktu siang hari kamu akan merasa mengantuk dan merasa lelah lebih cepat dari biasanya. Kamu bisa menyiasati hal ini dengan menghindari tidur terlalu malam atau begadang.

Perubahan Metabolisme Tubuh
Saat menjalankan ibadah puasa, tubuh juga akan mengalami perubahan metabolisme. Jika biasanya kamu mengonsumsi makan sebanyak tiga kali sehari, kini kamu hanya mengonsumsi makan dua kali sehari. Hal ini bisa memengaruhi suhu inti tubuh dan pola tidur.

Saat berpuasa, suhu inti tubuh akan menurun yang disertai dengan penurunan hormon kortisol di siang hari. Hormon kortisol merupakan hormon yang membantu kamu terjaga pada siang hari. Sehingga ketika ada penurunan hormon ini, kamu akan merasa mengantuk dan lelah.

Kadar Glukosa Tubuh Menurun
Alasan lainnya yang menyebabkan kantuk berat saat puasa adalah menurunnya kadar glukosa tubuh. Saat berpuasa, energi yang dihasilkan oleh makanan dapat menipis. Bila tubuh tidak mempunyai cadangan energi yang cukup untuk melakukan kegiatan sehari-hari, akibatnya tubuh akan menjadi lemas dan kadar gula dalam darah menurun. Kondisi ini yang menyebabkan kamu merasa mengantuk berat saat puasa.

Stres
Kondisi stres yang tidak dapat diatasi dengan baik juga dapat menyebabkan kantuk berat selama menjalankan ibadah puasa. Segera bertanya langsung pada psikolog melalui Halodoc untuk mengetahui berbagai cara yang bisa dilakukan agar tingkat stres yang kamu alami bisa diatasi dengan baik. Caranya download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga.

Kelelahan
Rasa kantuk berat saat puasa juga bisa disebabkan karena kelelahan. Sebaiknya atur kegiatan yang akan dilakukan selama puasa. Hindari terlalu banyak berkegiatan di luar ruangan karena paparan sinar matahari secara langsung dapat memicu kelelahan yang membuat kamu mudah mengantuk. Kamu juga bisa memenuhi kebutuhan air putih saat sahur dan berbuka sehingga kamu terhindar dari kondisi dehidrasi yang bisa memicu kelelahan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Semua Pihak Perlu Bersinergi Wujudkan Pilkada Damai

Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) merupakan momen penting dalam kehidupan demokrasi di Indonesia. Pilkada tidak hanya sekadar agenda politik,...
- Advertisement -

Baca berita yang ini