Manfaat dan Fadhilah Salat Tarawih

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Salah satu ibadah sunah di bulan suci Ramadan yang dilakukan umat Muslim ialah salat tarawih. Selain hanya ada di bulan Ramadan, salat tarawih juga menyempurnakan ibadah puasamu.

Sejatinya keutamaan salat tarawih itu sangat besar. Terdapat sejumlah hadis yang menjelaskan tentang keutamaan salat tarawih. Di antaranya hadits Nabi riwayat al-Bukhari, Muslim, dan lainnya:

“Barangsiapa ibadah (tarawih) di bulan Ramadan seraya beriman dan ikhlas, maka diampuni baginya dosa yang telah lampau” (HR al-Bukhari, Muslim, dan lainnya).

Adapun jumlah rakaat salat tarawih bisa dilakukan sebanyak 8 rakaat dengan 3 rakaat witir atau 20 rakaat dilanjutkan dengan witir 3 rakaat.

Selain berlimpah pahala, ada manfaat lain yang bisa didapat umat Muslim saat salat tarawih. Apa saja? Yuk simak!

1. Menggugurkan Dosa-dosa

Melakukan ibadah salat tarawih Insha Allah bisa menggugurkan dosa-dosa dengan syarat karena iman. Allah SWT akan mengampuni dosa hambanya yang salat tarawih dengan ikhlas dan tidak riya.

“Barangsiapa melakukan qiyam Ramadhan karena iman dan mencari pahala, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari 37 dan Muslim 759).

2. Menyehatkan Badan

Melaksanakan salat tarawih tidak hanya menjadi sumber pahala, tetapi juga memiliki manfaat bagi kesehatan setiap orang. Gerakan yang dilakukan selama beberapa waktu membuat tulang lebih kuat.

Dengan begitu, salat tarawih bisa meningkatkan kesehatan fisik dan menjaga fungsi otot.

3. Mendapat Manfaat Besar Jika Dilakukan saat Malam Lailatul Qadar

Satu lagi manfaat dari tarawih ialah mendapat banyak pahala dan manfaat yang besar. Apalagi, jika ibadah ini kamu lakukan di malam lailatul qadar.

“Barang siapa qiyam pada lailatul qadar dengan keimanan dan mengharapkan pahala dari Allah maka akan diampuni semua dosanya yang terdahulu.” (HR Bukhari dan Muslim).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Antonius Fokki Ardiyanto Anggota DPRD Kota Yogya Tertarik Posisi Calon Wakil Wali Kota Yogyakarta

Mata Indonesia, Yogyakarta - Antonius Fokki Ardiyanto atau sapaan akrabnya Fokki yang saat ini masih aktif sebagai Anggota DPRD Kota Yogyakarta telah melakukan pendaftaran diri Bakal Calon Wakil Wali Kota Yogya, melalui PDI Perjuangan Jumat (3/5/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini