Kamu Alami Diare saat Puasa? Ini Lho Penyebabnya

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Saat awal-awal puasa, biasanya banyak yang mengalami diare terutama pada malam hari atau ketika santap sahur. Apa sih penyebabnya?

Diare biasanya disebabkan oleh makanan atau minuman yang dikonsumsi ketika berbuka puasa. Gangguan pencernaan ini tentu tidak boleh disepelekan, karena diare saat berpuasa berpotensi menyebabkan dehidrasi. Oleh karena itu, ketahui penyebab diare saat puasa agar kamu bisa mencegah gangguan pencernaan tersebut terjadi.

Diare terjadi ketika makanan dan minuman melewati saluran gastrointestinal terlalu cepat dan keluar dari tubuh tanpa diserap. Umumnya, puasa itu sendiri tidak menyebabkan diare. Diare saat puasa umumnya dipicu oleh asupan makanan atau minuman yang tidak tepat saat berbuka atau sahur.

Bila kamu berbuka puasa dengan makanan yang banyak dan berbumbu kuat, sistem pencernaan mungkin tidak mampu mencernanya dengan baik, sehingga diare terjadi.

Berikut beberapa penyebab diare saat puasa:

  1. Makanan pedas
    Zat capcaisin pada cabai yang dikonsumsi secara berlebihan dapat memicu kambuhnya sakit mag dan pada sebagian orang dapat merangsang diare saat puasa.
  2. Makanan berbumbu.
    Makanan yang mengandung banyak rempah dan santan berpotensi menyebabkan diare saat puasa. Sebaiknya makanan seperti rendang, gulai, dan opor dihindari dulu.
  3. Makanan berlemak
    Konsumsi makanan berlemak yang terlalu banyak juga dapat memicu diare karena lemak sulit dicerna. Makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi seperti gorengan sebaiknya juga dihindari.
  4. Minuman berkafein

Kafein juga bisa menyebabkan diare saat puasa, apalagi bila kamu mengonsumsinya dalam jumlah banyak. Bila kamu mengalami diare setelah minum kopi atau teh, sebaiknya hentikan dulu sementara kebiasaan tersebut selama bulan puasa.

Selain itu, penyebab umum diara saat puasa lainnya adalah, intoleransi laktosa, kekurangan mineral, infeksi, dan alergi makanan atau obat-obatan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Survei Elektabilitas Bakal Calon Walkot Jogja yang Bertarung di Pilkada 2024, Sosok Ini Mendominasi

Mata Indonesia, Yogyakarta - Menjelang Pilkada 2024 di DIY, sejumlah lembaga survei sudah bergeliat menunjukkan elektabilitas para bakal calon Wali Kota dan juga Bupati. Termasuk lembaga riset Muda Bicara ID yang ikut menunjukkan hasil surveinya. Lembaga yang diinisiasi oleh kelompok muda ini mengungkap preferensi masyarakat Kota Jogja dalam pemilihan Wali Kota Jogja 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini