Insya Allah Berkah! Ini Keutamaan Bulan Ramadan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Selasa 13 April 2021 menjadi hari pertama di bulan suci Ramadan. Umat Islam diseluruh dunia menyambut bulan penuh berkah ini dengan suka cita.

Pada bulan Ramadan, kita menjalankan puasa satu bulan lamanya dan mengerjakan ibadah-ibadah lainnya seperti tarawih. Sementara itu, puasa di bulan Ramadan juga wajib hukumnya.

Di hari pertama bulan suci Ramadan ini, tentu ada beberapa keutamaan yang perlu kamu tahu. Biar semakin berkah, yuk simak keutamaan bulan Ramadan yang selalu ingin didapatkan umat Muslim.

1. Penuh Berkah

Di bulan Ramadhan akan dipenuhi dengan keberkahan. Sebagaimana hadits dari Abu Hurairah ra berkata, Rasulullah SAW bersabda:

“Telah datang kepada kalian bulan Ramadhan, bulan penuh keberkahan. Allah SWT telah mewajibkan kepada kalian berpauasa di dalamnya, di bulan itu pintu-pintu langit akan dibuka dan pintu-pintu neraka akan ditutup, di bulan itu setan-setan akan diikat, di bulan itu ada malam yang lebih baik daripada seribu bulan, barangsiapa terhalang mendapatkan kebaikannya maka sungguh ia telah terhalang.” (HR. An-Nasai).

2. Pahala Berlipat Ganda

Selanjutnya ialah pahala yang berlipat ganda. Ibadah yang dilakukan oleh setiap muslim yang berpuasa akan dilipatgandakan.

“Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah SWT berfirman (yang artinya) “Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku.” (HR. Muslim).

3. Diampuni Segala Dosa

Di bulan yang suci ini, Allah SWT akan membuka pintu maaf dan mengapus dosa para hambanya. Dosa-dosa yang telah lalu juga akan diampuni sebagai mana yang disebutkan dalam hadits ini.

“Siapa yang puasa Ramadhan dengan iman dan ihtisab, telah diampuni dosanya yang telah lalu. Dan siapa yang bangun malam Qadar dengan iman dan ihtisab, telah diampuni dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari Muslim).

4. Dibukanya Pintu Surga

Satu lagi keutamaan yang ada di bulan Ramadan ialah dibukanya pintu surga. Dari Abu Hurairah ra, bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Jika telah datang bulan Ramadan, pintu-pintu surga akan dibuka, pintu-pintu neraka akan ditutup dan setan-setan akan dibelenggu dengan rantai.” (HR. Bukhari dan Muslim).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Perjuangkan Kesejahteraan Buruh dan Petani, Dani Eko Wiyono Siap Maju Calon Bupati Sleman Melalui Jalur Independen

Mata Indonesia, Sleman - Alumni aktivis 98 sekaligus aktivis yang selalu menyuarakan aspirasi buruh/pekerja Daerah Istimewa Yogyakarta, Dani Eko Wiyono ST. MT ini bertekad maju bakal calon bupati Sleman dalam Pilkada Sleman nanti. Dani menilai, hingga saat ini, mayoritas kehidupan buruh masih sangat jauh dari kata sejahtera. Buruh masih dianggap hanya sebagai tulang punggung ekonomi bangsa tanpa diperjuangkan nasib hidupnya.
- Advertisement -

Baca berita yang ini