Fadhilah dan Manfaat Zakat Fitrah di Bulan Ramadan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Di bulan Ramadan, umat Muslim tak hanya diwajibkan untuk berpuasa. Mereka juga diharuskan untuk membayar zakat fitrah.

Ibadah itu tentunya untuk menyempurnakan puasa kita selama satu bulan. Selain itu, zakat merupakan rukun Islam ke-4 setelah puasa.

Perintah menunaikan zakat fitrah ini ada pada surah Al Baqarah ayat 110.

“Dan dirikanlah shalat dan tunaikanlah zakat. Dan kebaikan apa saja yang kamu usahakan bagi dirimu, tentu kamu akan mendapat pahala-Nya pada sisi Allah. Sesungguhnya Allah Maha Melihat apa-apa yang kamu kerjakan.”

Kemudian dalam hadits, dari Ibnu Umar radhiallahuanhuma:

“Aku diperintahkan untuk memerangi manusia hingga ia bersaksi bahwa tidak ada Ilah selain Allah dan bahwa Muhammad adalah Rasulullah, menegakkan sholat, menunaikan zakat. Jika mereka melakukan hal itu maka darah dan harta mereka akan dilindungi kecuali dengan hak Islam dan perhitungan mereka pada Allah Subhanahu wata’ala.”

Selain diwajibkan, zakat fitrah juga memiliki manfaat yang sangat baik. Apa saja? Yuk simak!

1. Membersihkan Diri

Keutamaan membayar zakat fitrah yang pertama adalah membantu membersihkan harta sekaligus diri dan jiwa dari dosa. Selain itu, zakat fitrah juga menjadi penyempurna ibadah puasa yang telah dijalankan selama satu bulan penuh.

2. Membuat Harta Bertambah

Walau zakat fitrah mengharuskanmu menyisikan uang, hal ini justri bisa membuat hartamu bertambah. Inilah yang menjadi keutamaan membayar zakat lainnya.

Bahkan, Allah SWT juga menambahkan berkah kepada umat Muslim yang menunaikan zakat fitrah.

3. Penolong di Hari Kiamat

Membayar zakat fitrah juga dapat menjadi penyelamat diri di hari kiamat. Hal ini tertuang dalam hadis yang diriwayatkan Ahmad, “Setiap orang akan berada di naungan amalan sedekahnya hingga ia mendapatkan keputusan di tengah-tengah manusia.”

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Perjuangkan Kesejahteraan Buruh dan Petani, Dani Eko Wiyono Siap Maju Calon Bupati Sleman Melalui Jalur Independen

Mata Indonesia, Sleman - Alumni aktivis 98 sekaligus aktivis yang selalu menyuarakan aspirasi buruh/pekerja Daerah Istimewa Yogyakarta, Dani Eko Wiyono ST. MT ini bertekad maju bakal calon bupati Sleman dalam Pilkada Sleman nanti. Dani menilai, hingga saat ini, mayoritas kehidupan buruh masih sangat jauh dari kata sejahtera. Buruh masih dianggap hanya sebagai tulang punggung ekonomi bangsa tanpa diperjuangkan nasib hidupnya.
- Advertisement -

Baca berita yang ini