YKPI – Komunitas Peduli Kanker Payudara Tangerang Kerja Sama Tingkatkan Deteksi Dini

Baca Juga

MATA INDONESIA, TANGERANG – Setiap tanggal 16 Februari diperingati sebagai Hari Kanker Sedunia. Untuk menandai peringatan tersebut, Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI) dan Komunitas Peduli Kanker Payudara Tangerang bekerja sama meningkatkan upaya deteksi dini kanker payudara melalui proyek percontohan telementoring atau Extension of Community Healthcare Outcomes (ECHO).

Kerjasama ini mendapat dukungan Pusat Kanker Nasional, RS. Kanker Dharmais sebagai penghubung, RSUD Tangerang dan Roche Indonesia yang merupakan mitra kerja Project ECHO global di Indonesia.

Sebagaimana diketahui, kanker payudara berada di urutan pertama sebagai jenis kanker tertinggi di Tanah Air dengan65.858 kasus baru (16.6%) berdasarkan data Globocan, 2020.

Sekitar 70 persen pasien kanker payudara terdeteksi pada stadium lanjut, padahal jika terdeteksi lebih dini dan diterapi sesuai standar medis, peluang kesintasan mencapai lebih dari 90 persen.

Untuk itu, berbagai upaya terintegrasi dari mulai promosi deteksi dini, diagnose, dan akses ke penatalaksanaan yang tepat sangat penting untuk dilakukan. Namun, pandemi Covid-19 memperburuk upaya promosi dan edukasi mengenai kanker payudara ini.

Berdasarkan data Globocan 2020, kasus baru kanker payudara di Indonesia mencapai angka 66 ribu jiwa dengan tingkat kematian lebih dari 22 ribu jiwa. Kondisi kanker payudara di Indonesia ini cukup memprihatinkan dan perlu perhatian khusus dari seluruh pemangku kepentingan.

“Ini perlu menjadi perhatian seluruh stakeholders (pemangku kepentingan) untuk secara bersama-sama bergandengan tangan, bekerjasama dan sama-sama bekerja menekan kejadian kasus baru kanker payudara stadium lanjut sebagai bagian dari upaya membangun kesehatan masyarakat yang lebih baik,” tutur , Ketua YKPI Linda Agum Gumelar, dalam rilis yang diterima Mata Indonesia News, Rabu, 16 Februari 2022.

Yayasan Kanker Payudara Indonesia program secara konsisten dan berkelanjutan tanpa mengenal lelah dengan melakukan berbagai aktivitas untuk mencapai visinya, yakni “Indonesia Bebas Kanker Payudara Stadium Lanjut”.

Salah satu kegiatan adalah penandangan Perjanjian Kerjasama antara YKPI dengan Komunitas Peduli Kanker Payudara (KPKP) Kabupaten Tangerang untuk Pelaksanaan Pilot Project/ Proyek Percontohan bertema “Penguatan Kemampuan Melaksanakan Deteksi Dini Kanker Payudara Pada Tenaga Kesehatan, Kader dan Masyarakat Perempuan di Kabupaten Tangerang Melalui Telementoring dan Pelatihan Terstruktur”.

Prinsip dari pilot proyek sesuai acuan dari ECHO (Extension of Community Healthcare Outcomes) adalah mempergunakan teknologi untuk memperkuat sumber daya yang sulit terjangkau melalui fasilitas online, teleconferencing, dan video recording.

Kegiatan ECHO  ini merupakan perluasan dari kerjasama yang telah berjalan antara Rumah Sakit Kanker Dharmais dengan PT Roche Indonesia. Hal ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap penurunan kasus baru kanker payudara stadium lanjut di Kabupaten Tangerang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pemerintah Optimis Perekonomian Indonesia Terus Bertumbuh

Optimisme pemerintah dalam memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang terus meningkat di tahun-tahun mendatang merupakan sebuah harapan yang perlu didukung...
- Advertisement -

Baca berita yang ini