Yanto Eluay: OPM Pantas Di Tindak Tegas Karena Sudah Merugikan dan Meresahkan Masyarakat Papua

Baca Juga

Papua – Onfoafi yang juga Ketua Adat Papua Yanto Eluay mengatakan Organisasi Papua Merdeka (OPM) pantas untuk ditindak tegas aparat keamanan dan diberantas sampai ke akar – akarnya agar tidak merugikan dan meresahkan Papua akibat aksi kekerasan yang selalu mereka buat.

Hal tersebut disampaikan Ondoafi Yanto Eluay saat di tanyakan media saat berada di Jayapura Papua, Senin 19/8/2024.

Menurut Yanto Eluay dengan aksi kekerasan yang selalu dilakukan oleh OPM maka banyak anak – anak Papua tidak bisa sekolah dan masyarakat Papua menjadi resah karena aksi keji OPM.

Untuk itu Yanto Eluay bersama Ketua Adat lainnya yang ada di Papua berkomitmen untuk menjaga perdamaian.

“Kami terus melakukan koordinasi, komunikasi agar papua terus terwujud, terus terawat terjaga situasi yang kondusif, situasi kamtibmas yang kondusif”, ujarnya.

Yanto Eluay minta kepada OPM untuk tidak lagi melakukan tindakan kekerasan yang bahkan menimbulkan korban jiwa warga sipil.

Aksi kekerasan yang dilakukan OPM berdampak pada masyarakat sipil seperti yang sudah saya sampaikan terdahulu bahwa dampak daripada aksi -aksi ini akan terasa langsung ke masyarakat secara keseluruhan, ibu -ibu yang bercocok tanam sulit, membangun ekonomi mereka sulit, anak -anak yang sekolah semuanya berdampak tidak bisa sekolah, semuanya terganggu akibat aksi kekerasan OPM, jelas Yanto Eluay.

Oleh sebab itu mari kita sama-sama menjaga tanah papua tetap damai, marilah kita menyelesaikan persoalan Papua ini tidak terus bergejolak, Papua ini bisa kita raih tanah Papua yang aman dan damai, ajak Ondoafi Yanto Eluay.

Wajib kita menciptakan Papua ini yang kondusif, yang damai, hidupan masyarakatnya yang harmonis, suatu kenyamanan sehingga sebuah aktivitas kita dapat berjalan dengan baik, harapnya.

Marilah kita memberikan dukungan kepada TNI POLRI dalam rangka penegakkan hukum terhadap siapa pun dia pelaku yang melakukan, tindakan-tindakan kekerasan, tindakan-tindakan keputaran yang mengakibatkan terjadinya korban jiwa korban nyawa, pungkasnya.

Banyak sekali kejadian -kejadian sebelumnya dimana infrastruktur, sarana prasarana, ada sekolah, kantor -kantor, pemerintah yang selalu digunakan untuk melayani masyarakat rusak. Sekolah -sekolah yang digunakan untuk anak – anak kita untuk mereka sekolah, membangun SDM masyarakat Papua hancur dibakar OPM, sesalnya.

Marilah kita sama -sama, tegas kita mendukung segala upaya yang dilakukan oleh pemerintah dalam hal TNI POLRI dalam menegakan hukum terhadap siapa saja atau semua yang terlibat dalam aksi – aksi kekerasan, aksi -aksi yang brutal, yang mengakibatkan terjadinya atau meresahkan masyarakat, khususnya di daerah konflik, khususnya orang kita di daerah pegunungan, ucapnya.

Penting untuk terus berupaya mencari solusi komprehensif bagaimana supaya solusi persoalan Papua ini dapat kita selesaikan. Kita bisa temukan solusi sehingga tanah Papua terwujud rasa damai, tercipta situasi kamtibmas yang kondusif, yang aman dan damai, tutupnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran Upaya Konkrit Cetak Generasi Muda Kokoh

Jakarta – Pengamat Pertahanan dan Pangan, Dina Hidayana memandang program makan siang gratis yang digagas oleh presiden dan wakil...
- Advertisement -

Baca berita yang ini