Wirausaha Muda Perkuat Ketahanan ekonomi

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Wirausaha muda terus didorong oleh Kementerian Koperasi dan UKM untuk memperkuat ketahanan ekonomi dalam menciptakan pertumbuhan yang berkualitas dan berkeadilan di Indonesia.

“Kami mengharapkan ada pertumbuhan 1,5 juta wirausaha baru dan dalam waktu tiga tahun ini kami harus mencapai target 500 ribu wirausaha per tahun,” kata Deputi Bidang Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan UKM Siti Azizah di Jakarta, Jumat 3 Desember 2021.

Siti menjelaskan target rasio kewirausahaan Indonesia pada tahun ini sebesar 3,55 persen, lalu meningkat menjadi 3,95 persen pada 2024 setara dengan 11,2 juta orang atau 17,45 persen dari seluruh pelaku UMKM.

Selain itu, dalam rangka mendukung penumbuhan wirausaha produktif telah ditargetkan pertumbuhan wirausaha sebesar 2,5 persen pada 2021 dan 4,0 persen pada 2024, serta penumbuhan 50 perusahaan rintisan atau startup pada 2021 dan 500 startup di 2024.

Pemerintah terus berupaya mengatasi berbagai tantangan pengembangan kewirausahaan di Indonesia melalui peningkatan pendidikan atau pengenalan kewirausahaan sejak dini, meningkatkan ekosistem kewirausahaan yang membantu UMKM mengadopsi teknologi dari usaha yang lebih besar, dan standarisasi basis data UMKM yang tersebar.

Pemerintah juga memberikan literasi digital bagi masyarakat agar mengetahui berbagai bisnis baru di tengah perkembangan ekonomi digital.

“Saat ini kami sedang meningkatkan jumlah wirausaha karena calon-calon wirausaha yang nanti akan menciptakan lapangan kerja baru,” ujar Siti.

Kementerian Koperasi dan UKM menyelenggarakan inkubasi sebagai model pengembangan kewirausahaan di Indonesia yang merupakan amanah Undang-Undang Cipta Kerja.

Dalam implementasi pelaksanaan inkubasi serta pengenalan kewirausahaan sejak dini, Deputi Bidang Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan UKM berkolaborasi dan bersinergi dengan perguruan tinggi untuk menjaring dan menumbuhkan minat maupun bakat entrepreneurship di kalangan mahasiswa dan anak muda.

Hal ini juga sejalan dengan semangat dalam mengimplementasikan produk akademik seperti hasil riset terkait product development sebagai bagian dari hasil pembelajaran mahasiswa di dunia akademik ke dalam ekosistem usaha dan bisnis yang berkelanjutan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Jadi Duta Komunikasi WWF, Cinta Laura Ajak Generasi Muda Peduli Krisis Air

Bali – Duta Komunikasi World Water Forum (WWF) ke-10 Cinta Laura mengajak generasi muda untuk lebih peduli pada persoalan...
- Advertisement -

Baca berita yang ini