Wamendag Hadiri Penutupan Literasi CPO di Sulawesi Utara

Baca Juga

Mata Indonesia, Jakarta – Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag), Jerry Sambuaga, menyampaikan sambutan pada penutupan Literasi CPO “Dorong Implementasi Bursa CPO Indonesia” yang berlangsung di Yama Resort Tondano, Minahasa, Sulawesi Utara, pada Selasa (12/12).

“Komoditas CPO memiliki peran strategis dalam mendorong perdagangan Indonesia. Berdasarkan data BPS, nilai ekspor CPO pada Oktober 2023 mencapai USD 1,89 miliar (Rp29,36 triliun). Angka tersebut meningkat sebesar 2,59 persen dibandingkan September 2023 sebesar USD 1,84 miliar (Rp28,58 triliun),” ungkapnya.

Kementerian Perdagangan telah melakukan berbagai terobosan untuk perbaikan tata kelola perdagangan CPO, yakni dengan pembentukan Bursa Berjangka CPO Indonesia yang diresmikan oleh Menteri Perdagangan pada 13 Oktober 2023.

“Tujuan pendirian Bursa CPO ini adalah untuk membentuk harga acuan CPO yang transparan, adil, akuntabel, serta real time dengan melibatkan banyak penjual dan pembeli. Melalui transaksi CPO di Bursa Berjangka Indonesia, diharapkan terbentuk harga CPO yang dapat menjadi acuan pelaku pasar CPO ke depan,” ujar Wamendag Jerry.

Wamendag berharap, Bursa CPO Indonesia dapat berkolaborasi dengan pemerintah dan pemangku kepentingan, seperti KADIN untuk terus memperkuat literasi/edukasi kepada masyarakat luas dan pelaku usaha. Ke depan, Bursa CPO Indonesia diharapkan dapat mendukung penguatan perdagangan CPO serta mewujudkan cita-cita Indonesia menjadi pemengaruh pasar di pasar global.

(Kementerian Perdagangan)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Wabup Sleman : Ini Komitmen Kita Untuk Membersamai Seluruh Umat Beragama

Mata Indonesia, Sleman - Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa menghadiri kegiatan Doa Syukur Umat Hindu dalam rangka menyambut Hari Jadi ke-108 Kabupaten Sleman yang bertempat di Pura Widya Dharma, Dero, Wedomartani, Ngemplak pada Minggu (12/5).
- Advertisement -

Baca berita yang ini