Wah Keren, Calon Pengganti Pluto Sudah Ditemukan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Akhir tahun 2020 ini, para astronom di University of California, Berkeley, Amerika Serikat menemukan benda langit menggunakan Teleskop Hubble, yang digadang-gadang bakal menjadi planet kesembilan.

Benda langit ini diberi nama Planet Nine, letaknya di pinggiran tata surya dengan jarak 336 tahun cahaya. Kemungkinan, planet ini akan menggantikan Pluto, yang sebelumnya sudah gugur disebut sebagai planet.

Para peneliti menjuluki benda langit ini dengan sebutan HD 106906 b. Planet ini telah diambil dan dianalisis gambarnya selama periode 14 tahun dari planet ekstrasurya, untuk mengenali orbitnya.

“Sistem ini menarik perbandingan yang berpotensi unik dengan tata surya kita,” kata Meiji Nguyen, salah satu peneliti di UC Berkeley seperti dikutip dari¬†The Register, Selasa 15 Desember 2020.

Nguyen menyebut, benda ini terpisah jauh dari bintang induknya pada orbit yang eksentrik dan tak sejajar.

“Ini menimbulkan pertanyaan tentang bagaimana planet-planet ini terbentuk dan berevolusi hingga berakhir dalam konfigurasi mereka saat ini,” ujarnya.

Dijelaskan para peneliti, planet ini memiliki massa sebelas kali Jupiter, dan mengitari bintang kembaran induknya pada jarak 68 miliar mil jauhnya sehingga membutuhkan waktu 15.000 tahun untuk menyelesaikan orbitnya.

Para astronom percaya, HD 106906 b pernah lebih dekat dengan bintang induknya ketika mulai terbentuk 15 juta tahun yang lalu, yakni sekitar tiga kali jarak Bumi dari Matahari.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Musim Hujan sudah Guyur Bantul, Pemkab justru Perpanjang Darurat Kekeringan?, Ini Alasannya

Mata Indonesia, Bantul - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bantul telah mengajukan perpanjangan status darurat kekeringan hingga 31 Desember 2023. Keputusan ini didasarkan pada dampak yang masih dirasakan di beberapa kalurahan di Bumi Projotamansari akibat kekeringan, meski hujan deras sudah mengguyur Bantul.
- Advertisement -

Baca berita yang ini