Waduh, London Diprediksi Tenggelam Tahun 2030

Baca Juga

MATA INDONESIA, LONDON – Beberapa negara, termasuk Inggris, Jerman, Austria, Belgia, India, Turki, serta Korea Utara, baru-baru ini menghadapi bencana banjir parah yang menyebabkan kerusakan, kerugian, dan menelan banyak korban.

Beberapa bagian London bahkan diprediksi tenggelam tahun 2030, menurut peta interaktif, yang menunjukkan wilayah di seluruh dunia yang berisiko terkena banjir karena naiknya permukaan air laut dalam beberapa dekade mendatang.

Peta, yang dibuat dengan perangkat lunak baru yang dikembangkan oleh NASA, menunjukkan dinamika kenaikan permukaan laut dari tahun 2020 hingga 2150, menawarkan informasi tentang pencairan gletser dan perubahan sirkulasi arus laut lintas samudera.

Menurut peta, sebagian besar wilayah pusat Kota London saat ini terancam oleh banjir reguler yang akan membuat bagian-bagiannya terendam secara permanen. Berdasarkan peta interaktif dari Climate Central wilayah London berisiko tenggelam pada 2030.

Sebagaimana diketahui, ibu kota Inggris itu diguyur hujan lebat belum lama ini dan menyebabkan banjir besar yang mengganggu lalu lintas mobil dan transportasi umum, terutama di distrik Battersea dan Tooting, seperti dilansir News Logics.

Eropa dan wilayah lain jug menghadapi bencana alam yang parah, seperti banjir dan kebakaran hutan yang disebabkan oleh perubahan iklim, yang menciptakan gelombang panas yang belum pernah terjadi sebelumnya dan mempercepat pencairan gletser.

Menurut para ilmuwan, pemanasan global akibat perubahan iklim menyebabkan peningkatan suhu rata-rata tahunan yang menyebabkan mencairnya gletser dan selanjutnya naiknya permukaan laut.

Perubahan tersebut mengganggu keseimbangan alam semua ekosistem, mengubah pola curah hujan, menyebabkan anomali suhu dan meningkatkan frekuensi bencana alam seperti angin topan, banjir, serta kekeringan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Survei Elektabilitas Bakal Calon Walkot Jogja yang Bertarung di Pilkada 2024, Sosok Ini Mendominasi

Mata Indonesia, Yogyakarta - Menjelang Pilkada 2024 di DIY, sejumlah lembaga survei sudah bergeliat menunjukkan elektabilitas para bakal calon Wali Kota dan juga Bupati. Termasuk lembaga riset Muda Bicara ID yang ikut menunjukkan hasil surveinya. Lembaga yang diinisiasi oleh kelompok muda ini mengungkap preferensi masyarakat Kota Jogja dalam pemilihan Wali Kota Jogja 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini