Vakum Dua Tahun, Presiden Jokowi kembali Salurkan Sapi Kurban ke Warga Candi, Gedangsari

Baca Juga

Mata Indonesia, Gunungkidul – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiahkan satu ekor sapi kurban kepada warga di Dusun Candi, Tegalrejo, Gedangsari, Gunungkidul. Hal itu kembali dilakukan setelah 2 tahun lalu vakum akibat Covid-19.

Penyerahan hewan kurban sudah dilaksanakan di Kompleks Kepatihan, Yogyakarta.

Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat, Setda Gunungkidul, Wijang Eka Aswarna mengungkapkan bahwa tahun Ini terdapat bantuan kurban dari Presiden Jokowi. Sapi kurban akan diberikan kepada masyarakat di Dusun Candi, Tegalrejo, Gedangsari.

“Dalam rangka pelaksanaan kurban, kami menerima bantuan dari Pak Jokowi,” kata Wijang Selasa 27 Juni 2023.

Dia menjelaskan bahwa pemberian hewa itu tak hnya dilakukan oleh presiden saja. Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Bupati Gunungkidul, Sunaryanta juga memberi bantuan.

Menurut Wijang, usai tidak ada penyaluran selama dua tahun lalu akibat Covid-19, Pemkab kembali menyalurkan hewan kurban. Total biaya pembelian sapi kurban mencapai Rp90 Juta yang diambil dari APBD 2023.

“Bantuan yang diberikan terdapat berbagai jenis sapi,” katanya.

Terpisah, Takmir Masjid Al Mar’uf di Dusun Candi, Tegalrejo, Sugiman mengonfirmasi bahwa dusun mereka menerima bantuan sapi kurban dari Presiden Jokowi.

Sugiman menjelaskan bahwa tidak ada persyaratan khusus untuk mengambil hewan kurban dari presiden, cukup membawa stempel takmir masjid setempat.

“Keberuntungan bagi kami karena masjid kami masih baru. Awalnya kami berharap mendapat bantuan hewan kurban dari bupati, namun kami mendapat bantuan sapi dari presiden, alhamdulillah,” katanya.

Menurutnya, penyembelihan hewan kurban akan digelar pada tanggal 29 Juni. Daging kurban akan dibagikan kepada jamaah masjid dan masyarakat di sekitar.

“Kami sudah melakukan pendataan. Total terdapat 80 kepala keluarga di Dusun Candi. Nanti, hewan kurban dari presiden akan disembelih dan dibagikan kepada warga,” ujarnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Tindakan OPM Semakin Keji, Negara Tegaskan Tidak Akan Kalah Lawan Pemberontak

Organisasi Papua Merdeka (OPM) banyak melancarkan aksi kekejaman yang semakin keji. Maka dari itu, negara harus tegas untuk tidak...
- Advertisement -

Baca berita yang ini