Utusan AS Tiba di Korsel untuk Kembali Berdialog dengan Korut

Baca Juga

MATA INDONESIA, INTERNASIONAL – Utusan utama Amerika Serikat (AS) untuk Korea Utara tiba di Korea Selatan pada Selasa (8/12) untuk kunjungan terakhir. Berharap sedikit prospek untuk memulai kembali dialog dengan Pyeongyang sebelum Joe Biden menjabat Presiden AS bulan depan.

Wakil Menteri Luar Negeri AS Stephen Biegun, tiba di pangkalan udara militer AS di selatan kota Seoul. Biegun dijadwalkan bertemu dengan sejumlah pejabat Seoul, termasuk Menteri Luar Negeri, Menteri Unifikasi yang menangani hubungan dengan Korut, dan utusan nuklir.

Melansir Reuters, Selasa, 8 Desember 2020, kantor berita Yonhap mengatakan Biegun juga dapat melakukan kunjungan kehormatan kepada Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in.

Di tengah langkah Trump yang tidak dapat diprediksi, Biegun memenangkan pengagum di Korea Selatan. Seorang mantan diplomat senior mengatakan Biegun memiliki pengalaman dalam menangani masalah yang kompleks dan tahu bagaimana Washington bekerja.

Namun pada akhirnya, pembicaraan dengan Pyongyang yang diperjuangkan oleh Biegun dan rekan-rekannya di Seoul terhenti sejak akhir 2019. Biegun mengaku siap berdiskusi kapan saja, akan tetapi Korut mengatakan tidak akan kembali ke meja perundingan sampai Paman Sam mencabut kebijakan permusuhannya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini