Ultah ke-70, Ini Pesan Jokowi untuk Para Dokter di Indonesia

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menapaki ulang tahun ke-70. Ada pesan menyentuh dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada para dokter di Indonesia.

Perjuangan IDI tidak hanya sebatas pada memadukan segenap potensi dokter Indonesia dan mengembangkan iptek kedokteran, tapi juga selalu meningkatkan derajat kesehatan seluruh masyarakat Indonesia.

Jokowi mengatakan, dalam perjuangan panjang itu, IDI tidak sendirian. Menurut dia, IDI berada dalam ekosistem yang di dalamnya ada lembaga Pendidikan, ada profesi lain, ada industri dan sebagainya.

“Ini memerlukan sinergi dan kerja sama yang erat sehingga apa yang menjadi tujuan IDI akan bisa tercapai. Bekerja dalam ekosistem kesehatan, sudah saatnya kita menghilangkan egosentrisme lembaga,” kata Jokowi.

Menurutnya, tak ada lembaga yang lebih penting, lebih super dibandingkan lainnya. semuanya penting, semuanya super jika masing-masing mau bekerja sama,” katanya.

Pandemi ini kata dia, memberi banyak pelajaran kepada masyarakat. Dimana situasi sulit yang sedang dihadapi digunakan sebagai momentum untuk melakukan transformasi termasuk dalam reformasi sistem kesehatan di negara ini.

Reformasi tersebut di antaranya dapat dimulai dari sisi pencegahan. Orientasi pada pencegahan penyakit dan pola hidup sehat adalah prioritas utama di mana dukungan dari sektor nonkesehatan, kesadaran dan kedisiplinan masyarakat, serta dukungan dari organisasi sosial keagamaan sangat dibutuhkan.

Namun, pada saat yang sama, penguatan kapasitas sumber daya manusia kesehatan, pengembangan rumah sakit dan balai-balai kesehatan, serta industri obat-obatan dan alat-alat kesehatan di Tanah Air harus terus dilakukan.

Selama pandemi ini misalnya, telah banyak inovasi yang dikembangkan oleh para peneliti dan inovator di dalam negeri.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini