Tips Mencegah Cacar Monyet ala Menteri Kesehatan

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Penyebaran virus cacar monyet atau monkeypox belakangan ini menjadi sorotan dunia. Termasuk Indonesia, Menteri Kesehatan (Menkes) Nila F Moeloek pun mengimbau agar masyarakat waspada dengan penularan penyakit tersebut.

Menkes pun membagikan tips agar tak tertular virus monyet, salah satunya adalah dengan tetap menjaga kebersihan diri dan beberapa hal sederhana lainnya.

“Hati-hati, jaga kebersihan. Sederhana, cuci tangan sebelum makan dan lain sebagainya,” kata Menkes di Jakarta, Selasa 14 Mei 2019.

Menkes menjelaskan, virus cacar monyet ini disebarkan dari berbagai hewan yang terinfeksi ke tubuh manusia, baik melalui darah ataupun kulit binatang.

Awalnya, virus ini hanya ditemukan di Afrika Barat, seperti Kongo, Liberia, Nigeria dan Pantai Gading. Namun, baru-baru ini cacar monyet ditemukan di Singapura.

Saat ini, Kementerian Kesehatan pun sedang berupaya melakukan pencegahan penularan cacar monyet dengan memperketat setiap pintu masuk ke Indonesia dengan penyiapan ruang karantina.

“Kantor kesehatan pelabuhan Batam sebagai pintu masuk utama dari Singapura sudah diperketat,” kata Menkes Nila.

Infeksi virus cacar monyet ditandai dengan timbulnya ruam dan suhu badan yang tinggi. Virus cacar monyet akan mudah ditularkan jika daya tahan tubuh kurang baik. Hingga saat ini belum ditemukan pengobatan dari virus ini.

Berita Terbaru

BEM Nusantara DIY Gelar Aksi Peringatan Hari Buruh Internasional

Mata Indonesia, Yogyakarta - BEM Nusantara DIY melakukan aksi peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day di Titik Nol Yogyakarta pada Rabu, 1 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini