Tim Densus 88 Tangkap Lima Terduga Teroris di Jatim

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Lima orang terduga teroris ditangkap di wilayah Jawa Timur, oleh Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 antiteror Mabes Polri, Selasa 9 November 2021. Kelimanya diketahui atas nama inisial BA, AS, RH alias AH, AN dan MA.

Kabagpenum Div Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan mengatakan, mereka yang diamankan itu ternyata masih berkaitan dengan Kelompok Jamaah Islamiyah (JI) yang berada di Lampung.

“Dalam organisasi terorisme’ JI antara JI di daerah a dan b tentu ada hubungannya. Hubungan penyambung dana, mau pun hubungan personelnya,” katanya.

Untuk kelima orang yang diamankan tersebut saat ini masih dilakukan pemeriksaan oleh petugas. Terlebih, untuk mencari tahu apakah mereka juga menyebar kotak amal seperti JI di Lampung atau tidak.

“Untuk di Jawa timur ini kita masih menggali belum kami menemukan kotak-kotak amal di Jawa Timur, tapi kami akan lakukan itu pendalaman dan apakah ada pola penggalangan dana juga. Sejauh ini belum ditemukan,” katanya.

Lalu, untuk keterkaitan antara JI Jawa Timur dan Lampung ini disebutnya seperti dalam pengiriman senjata api dan juga sebagai pelatih.

“Keterkaitannya tadi dalam rangka ada yang ngirim senjata api, ada yang merupakan kelompok pelatih atau instruktur militer atau pelatihan ya. Namun yang di Lampung kemarin lebih kepada lembaga, salah satu lembaga yang berperan dalam rangka pengumpulan dana, yang mana dana dikumpulkan untuk operasional kegiatan-kegiatan yang mendukung tindak pidana terorisme,” katanya.

Selain itu, Ramadhan menegaskan, tak hanya melakukan penegakkan hukum seperti menangkap para terduga teroris saja. Melainkan juga melakukan pencegahan dan deteksi dini.

“Tentunya kita tidak melakukan penegakan hukum saja tapi upaya-upaya pencegahan dan deteksi dini dilakukan oleh Densus. Kami lakukan upaya pencegahan, deteksi sejak awal,” katanya.

Diketahui, Densus 88 antiteror Mabes Polri telah mengamankan tujuh orang terduga terorisme Kelompok Jamaah Islamiyah (JI) di Lampung. Tujuh orang itu yakni SU (61), SK (59) DRS (47), NA (42) S (47), F (37) dan AA (42) yang ditangkap di lokasi dan waktu yang berbeda. 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Tindakan OPM Semakin Keji, Negara Tegaskan Tidak Akan Kalah Lawan Pemberontak

Organisasi Papua Merdeka (OPM) banyak melancarkan aksi kekejaman yang semakin keji. Maka dari itu, negara harus tegas untuk tidak...
- Advertisement -

Baca berita yang ini