Tanda Ekonomi Membaik, Indeks Keyakinan Konsumen Masuk Zona Optimis

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Kondisi ekonomi Indonesia diyakini bakal terus membaik, meski pandemi Covid-19 masih melanda.

Terbaru, Bank Indonesia (BI) melaporkan hasil Survei Konsumen April 2021, yang menunjukkan Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) telah bergerak ke angka 101,5.

Angka tersebut naik dibanding bulan Maret 2021 dengan 93,4.

“IKK April 2021 sebesar 101,5. Angka ini masuk ke zona optimis karena indeksnya lebih dari 100,” kata Kepala Departemen Komunikasi, BI Erin Haryono di Jakarta, Senin 10 Mei 2021.

Ia menyebut, IKK April 2021 adalah angka optimisme pertama sejak masuk zona pesimis pada April 2020 silam.

Erin mengatakan, keyakinan konsumen terpantau membaik pada seluruh kategori tingkat pengeluaran responden, tingkat pendidikan, dan kelompok usia responden.

“Secara spasial, keyakinan konsumen membaik di seluruh kota yang disurvei (18 kota), tertinggi di kota Padang, diikuti oleh Bandung dan Pangkalpinang,” ujar Erin.

Lebih lanjut ia menjelaskan, peningkatan optimisme ini tak lepas dari faktor membaiknya ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi Indonesia ke depannya.

Antara lain terhadap aspek ketersediaan lapangan kerja, ekspansi kegiatan usaha yang meningkat, dan penghasilan yang meningkat pada 6 bulan yang akan datang.

Sementara itu, persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini terpantau membaik. Ini didorong oleh perbaikan persepsi terhadap ketersediaan lapangan kerja, penghasilan, dan ketepatan waktu pembelian barang tahan lama.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Jaga Kondusifitas Selama Tahapan Pilkada

Oleh : Wira Wicaksana )* Menjaga kondusifitas merupakan kunci penting untuk memastikan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang aman dan...
- Advertisement -

Baca berita yang ini