Takalar Diproyeksikan Sebagai Kampung Perikanan Budidaya Rumput Laut

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Rumput laut memiliki potensi tinggi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya pelaku usaha budidaya. Nah, Provinsi Sulawesi Selatan jadi salah satu provinsi yang memiliki komoditas unggulan yang memasarkan hingga ke mancanegara.

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya (DJPB) menangkap potensi tersebut dengan menetapkan kampung perikanan budidaya rumput laut di Sulawesi Selatan yang salah satunya ditetapkan di Desa Laikang, Kecamatan Mangarabombang, Kabupaten Takalar.

Menurut data Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Takalar, Desa Laikang memiliki potensi luas area usaha budidaya sebesar lebih kurang 10 ribu hektare dengan luas areal yang telah diusahakan sebesar 3.773 hektare.

Produksi budidaya rumput laut di Desa Laikang pada 2021 menyentuh 195.399,03 ton atau sekitar 32 persen dari total produksi rumput laut Kabupaten Takalar.

Direktur Jenderal Perikanan Budidaya, Tb Haeru Rahayu, sangat mengapresiasi langkah konkret dan sinergitas positif yang telah dilakukan oleh pemerintah daerah provinsi dan kabupaten dalam membangun industri rumput laut di Sulawesi Selatan.

“Saya melihat sendiri kesibukan yang sangat luar biasa dari masyarakat pelaku usaha budidaya di sini yang menunjukkan geliat keekonomian dari subsektor perikanan budidaya sangat menjanjikan khususnya untuk komoditas rumput laut, yang saat ini harga jual di level pembudidaya mencapai Rp33 ribu per kg,” katanya.

Meskipun hal tersebut patut disyukuri, Tebe berpesan kepada pembudidaya agar tidak cepat merasa puas.

Dengan rezeki lebih yang didapatkan dari harga jual yang sedang bagus, ia berharap pembudidaya dapat memajukan usaha budidaya yang digeluti, seperti dengan melakukan studi banding ke lokasi budidaya lain yang lebih maju agar dapat membawa pulang ilmu dan diterapkan di Sulawesi Selatan khususnya di Kabupaten Takalar.

“Kami juga minta kepada jajaran baik di pemerintah daerah hingga masyarakat agar dapat memastikan semua segmen usaha dapat diaktifkan. Kalau hari ini masih menjual rumput laut kering, ke depan harus bisa ada nilai tambah dari sisi hilir seperti pengolahan,” katanya.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Selatan, Sulkaf S. Latief, berkata bahwa Sulawesi Selatan menjadi salah satu penyumbang terbesar untuk produksi perikanan budidaya nasional, bahkan Sulawesi Selatan menjadi produsen nomor satu untuk komoditas udang dan rumput laut.

Khusus untuk rumput laut jenis Eucheuma cottonii, Kabupaten Takalar menjadi produsen nomor satu di Sulawesi Selatan. Oleh karena itu menjadi langkah tepat untuk KKP dalam menetapkan kampung perikanan budidaya rumput laut di Sulawesi Selatan khususnya di Kabupaten Takalar.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini