Tahun Ini, Pemerintah Siapkan Subsidi Perumahan Rp 19 Triliun

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Pemerintah mempersiapkan dana Rp19,1 triliun untuk subsidi perumahan melalui skema Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan atau FLPP di tahun ini.

“Program FLPP ini menargetkan 200.000 unit rumah yang diberikan subsidi, alokasinya mencapai Rp19,1 triliun,” kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam pembukaan Securitization Summit 2022, Jakarta, Rabu 6 Juli 2022.

Dia menyebut, besarnya dana yang dialokasikan ini hampir setara dengan subsidi pupuk untuk petani. Artinya kata dia, pemerintah serius untuk memberikan kesempatan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) agar bisa membeli rumah, memenuhi kebutuhan atas papannya.

“Ini bukan basa-basi, kita masuk ke segmen masyarakat yang membutuhkan, antara lain dengan menolong MBR bisa menjangkau untuk membeli rumah,” kata dia.

Bendahara negara ini mengatakan program ini sudah ada sejak tahun 2010. Hingga semester I-2022 dana yang rumah yang mendapatkan subsidi dari pemerintah sebanyak 1.038.538 unit. Dana yang dibutuhkan untuk membayar subsidinya mencapai Rp8,57 triliun.

Sayangnya, jumlah tersebut masih kurang karena kebutuhan masyarakat untuk memiliki rumah mencapai 12,7 juta orang. Sehingga masih dibutuhkan pendanaan yang untuk menyediakan kebutuhan papan masyarakat.

Apalagi bagi MBR, mereka tidak bisa memiliki rumah sendiri lantaran daya belinya yang rendah. Sehingga perlu mendapatkan dukungan dari pemerintah melalui instrumen APBN yakni dalam bentuk program FLPP.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Survei Warga Jogja Hadapi Pilkada 2024: Politik Uang Banyak Ditolak Lebih Pilih Calon Bermisi Visi Jelas

Mata Indonesia, Yogyakarta - Muda Bicara ID kembali menyelenggarakan survei terkait Pilkada Kota Jogja 2024, kali ini dengan fokus pada politik uang dan faktor-faktor yang memengaruhi pilihan warga dalam memilih wali kota dan wakil wali kota.
- Advertisement -

Baca berita yang ini