Soal Local Lockdown, Ini Pembelaan Wakil Wali Kota Tegal

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Wakil Wali Kota Tegal Muhammad Jumadi angkat bicara terkait kebijakan melakukan local Lockdown wilayahnya. Hal itu kata dia, justru sejalan dengan pemerintah pusat. Upaya itu merupakan bentuk  karantina wilayah untuk memutus rantai penyebaran virus corona di wilayahnya.

“Pemerintah Kota Tegal tidak melawan pusat, kami in line (sejalan) dengan provinsi dan pusat,” kata Jumadi, mengutip CNNIndonesia.com Jumat 27 Maret 2020.

Pada 21 Maret 2020, Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Doni Monardo, menegaskan bahwa pemerintah tidak akan melakukan penguncian wilayah atau lockdown untuk mengatasi penyebaran corona.

Ia mengatakan, keputusan untuk tidak melakukan lockdown merupakan instruksi Presiden Joko Widodo. Kebijakan lockdown wilayah ada di tangan pemerintah pusat.

Jumadi menjelaskan tentang karantina wilayah Kota Tegal.  Menurutnya, saat ini ada 49 titik masuk ke Kota Tegal. Di titik itulah nanti akan dipasang movable concrete barrier (MBC).

“Dari 49 titik itu, sekitar dua atau tiga akan kami buka. Tentunya di dua atau tiga titik itu akan diperketat dan diawasi polisi, dishub, dan gugus covid-19,” katanya.

Jumadi menjelaskan lockdown yang diterapkan di Kota Tegal jangan diartikan menutup seluruh kota seolah seakan Tegal menjadi kota ‘mati’. “Bukan seperti itu,” katanya.

Warga yang saat ini berada di Kota Tegal hanya dibatasi untuk keluar rumah. “Misalnya dia akan ke pasar, membeli makan, tetap boleh, tapi nanti di titik perbatasan, akan ketat. Ditanya dulu mau ke mana, keperluannya apa, kalau suhu di atas 38 derajat kami akan bawa ke rumah sakit,” katanya.

Dia juga menambahkan, truk dan bus yang melalui jalur Pantura Tegal nantinya akan dialihkan ke jalur lingkar luar Kota Tegal.

“Dari Terminal kita belokan ke kiri, tidak ada yang bisa masuk kota. Ya itu, kalau mau masuk Kota Tegal hanya ada dua atau tiga titik. Itu pun superketat,” katanya.

Jumadi mengatakan, karantina wilayah ini terpaksa harus dilakukan setelah satu orang warganya positif terpapar corona.  Warga Tegal berusia 34 tahun yang dinyatakan positif corona tersebut dirawat di RS Kardinah Kota Tegal sejak 16 Maret 2020, sepulang dari Abu Dhabi.

Jumadi mengaku heran mengapa orang tersebut bisa masuk ke Indonesia. Menurutnya, seharusnya orang tersebut dikarantina di bandara atau stasiun.

“Orang tersebut padahal sudah bilang ke keluarganya, jangan mendekat jangan mendekat. Tapi dia dari Abu Dhabi. Bagaimana pengawasan di bandara-nya, di stasiun-nya,” katanya.

Dikatakan Jumadi, saat ini pemerintah Kota Tegal baru menutup alun-alun saja, karena local lockdown baru dimulai 30 Maret 2020.

“Nanti kita akan eksekusi, sekarang baru alun-alun, sebelumnya tempat hiburan, tempat wisata, karaoke sudah kami tutup,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini