Soal Larangan Mudik, Ma’ruf Amin: Jangan Bawa Virus Corona ke Daerah

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Wakil Presiden Ma’ruf Amin angkat bicara terkait larangan mudik tahun ini. Menurutnya, apa yang dilakukan pemerintah itu dasarnya demi mencegah terjadinya penyebaran virus Covid-19 meluas ke setiap wilayah Indonesia.

“Mudik sangat berpotensi sekali, buktinya di beberapa daerah, yang tadinya tidak ada Corona, sekarang terjadi penyebaran karena adanya pergerakan dari daerah pusat penyebaran Corona di kota-kota besar, terutama Jakarta dan sekitarnya,” kata Ma’ruf siaran persnya, Selasa 28 April 2020.

Menurut dia, rantai penularan bisa terjadi saat pemudik berada dalam perjalanannya. Dia bisa saja tertular atau menulari orang lain. Sebab itu, Ma’ruf menyarankan warga agar tetap di rumah selama pandemi Covid-19 ini.

“Ini adalah satu-satunya pilihan untuk memutus rantai penyebaran Covid-19,” katanya.

Meski diakuinya mudik adalah sebagai tradisi warga Indonesia, namun Ketua Umum MUI nonaktif ini berpandangan, situasi saat ini tidak memungkinkan jika itu dilakukan. Walau ada nilai kemuliaan saat bermudik seperti silaturahim dengan orangtua maupun keluarga di kampung.

“Tetapi saat ini sangat berbahaya, kenapa? karena sangat berpotensi bahkan diyakini terjadinya penularan dan akan membahayakan, dari kita yang membahayakan orang lain atau orang lain yang menulari kepada kita,” katanya.

Ma’ruf mengajak demi kebaikan bersama, sementara saja untuk dapat menunda mudik. Dia pun mempersilakan jika pandemi ini berakhir masyarakat untuk bisa mudik.

“Demi kemaslahatan kita, kemaslahatan semua, bahkan juga kemaslahatan keluarga kita yang ada di kampung, mari kita tetap di rumah, Insyaallah jika Corona hilang, pada waktunya, kita bisa melakukan mudik,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Gubernur DIY dorong Kabupaten/Kota Berkomitmen Mengurangi Kemiskinan

Mata Indonesia, Sleman - Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, melaksanakan syawalan bersama jajaran Pemerintah Kabupaten Sleman di Pendopo Parasamya Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Sleman, Rabu (1/5).
- Advertisement -

Baca berita yang ini