Siarkan Berita Tak Berimbang, Jurnalis Cantik Ini Dapat Ancaman Pembunuhan Kartel Narkoba

Baca Juga

MATA INDONESIA, MEKSIKO – Seorang pria bertopeng yang mengaku mewakili kartel narkoba terbesar di Meksiko menyebarkan video ancaman kepada pembawa berita televisi nasional. Tak main-main, dalam video sang pria bertopeng mengaku akan menghabisi nyawa penyiar tersebut.

Mereka kecewa dengan pemberitaan yang dibawakan Azucena Uresti terkait kartel narkoba generasi baru Jalisco karena dinilai tidak berimbang. Dalam video yang diunggah di media sosial, pria bertopeng bersenjata lengkap itu menyampaikan sebuah pesan yang katanya berasal dari Rubén Oseguera Cervantes, alias “El Mencho,” pemimpin kartel Generasi Baru Jalisco.

Dalam pesannya, mereka mengeluhkan Milenio Television mendukung kelompok yang memerangi kartel Jalisco di negara bagian Michoacán. Perwakilan kartel Jalisco mengatakan dalam pesannya bahwa dia tidak ingin menghalangi kebebasan berekspresi, tetapi hanya ingin peliputan yang berimbang.

Juru bicara kepresidenan Jesús Ramírez Cuevas mengatakan melalui Twitter bahwa pemerintah Meksiko akan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk melindungi jurnalis dan outlet berita yang terancam.

Ancaman terhadap jurnalis bukanlah omong kosong di Meksiko. Komite untuk Melindungi Jurnalis menganggap Meksiko sebagai negara paling mematikan di Belahan Barat bagi mereka yang berprofesi sebagai jurnalis.

Mereka yang paling sering menjadi sasaran adalah wartawan lokal yang beroperasi di daerah-daerah di mana kelompok-kelompok kejahatan yang bersaing memperebutkan kendali, seperti dilansir The Guardian.

Kartel Jalisco juga telah menunjukkan dirinya memiliki jangkauan yang hampir tak terbatas di Meksiko. Pada Juni tahun lalu, kartel ini melakukan serangan di Mexico City yang menyebabkan kepala polisi terluka parah dan menewaskan tiga orang lainnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Rumah Sekda Karawang Digeledah, Begini Tanggapan Ketua BEM Fakultas Hukum UBP Karawang

MATA INDONESIA, KARAWANG-Pasca penggeledahan ruang dinas dan rumah Sekretaris Daerah Kabupaten Karawang yang dilakukan oleh Kejaksaan Tinggi Jawa Barat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini