Siap Mati untuk Ukraina, 70 Pria di Jepang Daftar untuk Berperang

Baca Juga

MATA INDONESIA, JEPANG-70 pria Jepang mendaftar sebagai sukarelawan asing untuk berjuang melawan invasi Rusia membela Ukraina.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy pada Minggu 27 Februari 2022 menyerukan pembentukan “legiun internasional”, yang mendorong puluhan orang dari Amerika Serikat dan Kanada untuk menjadi sukarelawan.

Hingga Selasa Maret 2022, 70 pria Jepang termasuk 50 mantan anggota Pasukan Bela Diri Jepang dan dua veteran Legiun Asing Prancis telah melamar menjadi sukarelawan untuk berjuang bersama Ukraina, kata harian Mainichi Shimbun yang mengutip sebuah perusahaan Tokyo yang menangani sukarelawan.

Seorang juru bicara Kedutaan Besar Ukraina mengaku menerima telepon dari orang-orang yang ingin berjuang demi Ukraina. Namun, pihak kedubes mengatakan mereka tidak tahu banyak tentang sukarelawan itu.

Mengutip Reuters, Rabu 2 Maret 2022, sebuah unggahan dari kedubes di media sosial pada 28 Februari mengatakan negara itu berterima kasih kepada warga Jepang atas banyaknya pertanyaan tentang cara menjadi sukarelawan, tetapi pihak kedutaan juga menyampaikan beberapa persyaratan.

“Setiap kandidat harus memiliki pengalaman dengan Pasukan Bela Diri Jepang atau telah menjalani pelatihan khusus,” katanya.

Pemerintah Jepang sebelumnya mengimbau warga negaranya untuk menunda perjalanan ke Ukraina dengan alasan apapun.

Sebuah peringatan perjalanan ke Ukraina ditegaskan kembali oleh Kepala Sekretaris Kabinet Jepang Hirokazu Matsuno. Dia mengaku mengetahui laporan tentang sukarelawan Jepang tersebut.

“Kementerian luar negeri Jepang telah mengeluarkan peringatan evakuasi untuk seluruh (warga Jepang di) Ukraina dan kami ingin orang-orang menghentikan semua perjalanan ke Ukraina, terlepas dari tujuan kunjungan mereka,” kata Matsuno dalam konferensi pers.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Perjuangkan Kesejahteraan Buruh dan Petani, Dani Eko Wiyono Siap Maju Calon Bupati Sleman Melalui Jalur Independen

Mata Indonesia, Sleman - Alumni aktivis 98 sekaligus aktivis yang selalu menyuarakan aspirasi buruh/pekerja Daerah Istimewa Yogyakarta, Dani Eko Wiyono ST. MT ini bertekad maju bakal calon bupati Sleman dalam Pilkada Sleman nanti. Dani menilai, hingga saat ini, mayoritas kehidupan buruh masih sangat jauh dari kata sejahtera. Buruh masih dianggap hanya sebagai tulang punggung ekonomi bangsa tanpa diperjuangkan nasib hidupnya.
- Advertisement -

Baca berita yang ini