Setelah Jakarta, Lampung Jadi Kota ke Dua yang Miliki Kereta Bandara

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Pemerintah rencananya bakal membangun rel kereta bandara di Bandar Lampung. Nantinya, kereta ini bakal terhubung dari Stasiun Tanjung Karang ke Bandara Radin Inten II.

“Kereta bandara ini untuk memangkas waktu perjalanan dari Tanjung Karang ke bandara yang berjarak 19 kilometer. Yang tadinya memakan waktu hingga 1 jam, dengan adanya kereta bandara nantinya waktu tempuh akan terpangkas menjadi sekitar 19 menit,” kata Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi.

Ide tersebut pun sudah disampaikan pihak Kementerian Perhubungan dan meminta pemerintah daerah (pemda) setempat, serta PT KAI (Kereta Api Indonesia) untuk menindaklanjutinya.

“Sekarang ini sudah kita cetuskan idenya. Saya minta dalam 1 tahun ini PT KAI dan pemda untuk menyelesaikan beberapa tempat. Sementara ini kita pakai 1 jalur dulu, terutama saya minta dibebaskan di jalur bandara,” katanya.

Kata Budi di Lampung sudah tersedia jaringan kereta api. Jadi dalam prosesnya tinggal menyiapkan lahan untuk pengembangan lebih lanjut. Tanahnya sendiri dimiliki oleh pemerintah.

Setelah itu, Budi mengatakan rencana berikutnya yakni melakukan pengadaan rolling stock atau gerbong-gerbong keretanya.

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini