Serangan Roket ISIS Menghantam Kilang Minyak di Irak

Baca Juga

MATA INDONESIA, INTERNASIONAL – Sebuah roket menghantam kilang minyak di utara Irak, menyebabkan kebakaran di tangki penyimpanan bahan bakar dan memaksa penutupan total operasi usai kobaran api menyebar ke jaringan pipa terdekat, demikian dikatakan dua pejabat kilang.

Kelompok ekstremis ISIS (Islamic State in Iraq and al-Sham) mengaku bertanggung jawab atas serangan di kilang minyak di Siniya. Hal ini terungkap menyusul pernyataan yang diposting di saluran resmi kelompok ISIS.

Berdasarkan sebuah laporan, dua roket Katyusha digunakan dalam serangan tersebut. Sejauh ini belum ada rincian lebih lanjut mengenai jumlah korban.

Seorang juru bicara Northern Refineries Co yang mengelola sejumlah kilang minyak di Irak sebelumnya mengatakan kepada kantor berita negara, dua roket menghantam kilang Siniya yang menyebabkan kebakaran. Beruntung, kebakaran ini mampu dikendalikan.

Para pejabat mengatakan penghentian operasi di kilang Siniya, yang memiliki kapasitas penyulingan sebanyak 30 ribu barel per hari merupakan tindakan pengamanan untuk mencegah kerusakan lebih lanjut.

“Kami benar-benar menutup unit produksi demi menghindari kerusakan parah yang dapat terjadi,” kata seorang insinyur kepala di kilang minyak tersebut tanpa menyebutkan nama, melansir English al Arabiya, Senin, 30 November 2020.

Sebuah pernyataan Kementerian Perminyakan mengungkapkan petugas pemadam kebakaran berhasil memadamkan api di tangki bahan bakar. Sementara Wakil Menteri Perminyakan, Hamid Younis mengatakan bahwa operasi akan dilanjutkan dalam beberapa jam ke depan usai menilai kerusakan.

Serangan terhadap kilang minyak di utara Irak menandakan bahwa militan ISIS masih mampu melancarkan serangan terhadap pasukan keamanan dan situs energi vital.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Antonius Fokki Ardiyanto Anggota DPRD Kota Yogya Tertarik Posisi Calon Wakil Wali Kota Yogyakarta

Mata Indonesia, Yogyakarta - Antonius Fokki Ardiyanto atau sapaan akrabnya Fokki yang saat ini masih aktif sebagai Anggota DPRD Kota Yogyakarta telah melakukan pendaftaran diri Bakal Calon Wakil Wali Kota Yogya, melalui PDI Perjuangan Jumat (3/5/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini