Senegal Tantang Aljazair di Final Piala Afrika 2019

Baca Juga

MINEWS, INTERNASIONAL – Final Piala Afrika 2019 akhirnya mempertemukan Senegal dan Aljazair, yang sepanjang kompetisi harus bersusah payah menyingkirkan musuh satu per satu.

Kedua peserta final itu melaju ke babak puncak usai melakoni pertandingan ekstra berat. Senegal melaju ke babak final usai bertarung habis-habisan melawan Tunisia di semifinal, sedangkan Aljazair menggasak Nigeria.

Senegal terpaksa melakoni laga sampai 120 menit, melawan kegigihan Tunisia yang pantang menyerah demi tiket final. Meskipun, akhirnya Senegal keluar sebagai pemenang dengan skor 1-0 pada laga yang dilangsungkan di 30 June Stadium, Senin 1 Juli 2019 dinihari WIB.

Berulang kali Senegal dan Tunisia melakukan jual beli serangan, meskipun hasilnya, babak pertama harus berakhir tanpa gol dari kedua tim.

Tunisia lalu membuka peluang emas untuk unggul pada menit 75. Hadiah penalti datang akibat handball Kalidou Koulibaly. Sayang, Tunisia menyia-nyiakan peluang tersebut, sepakan Ferjani Sassi dimentalkan kiper Senegal.

Rupanya hadiah penalti bukan untuk Tunisia saja. Senegal mendapat kesempatan yang sama setelah Dylan Bronn melanggar Ismaila Sarr. Tapi, rupanya dalam urusan penalti, kedua tim bernasib sama, yakni gagal menyarangkan bola. Eksekusi Henri Saivet berakhir ‘zonk’.

Kebuntuan akhirnya terpecah pada menit ke-100 di babak perpanjangan waktu. Senegal unggul setelah Bronn membuat gol bunuh diri.

Drama kemudian terjadi pada menit ke-115. Tunisia sempat mendapat penalti setelah Idrissa Gueye dinilai melakukan handball. Namun wasit membatalkan keputusan tersebut usai melihat VAR.

Senegal akhirnya mengantongi satu tiket final. Sementara Aljazair melangkah ke final usai menghajar Nigeria dengan skor 2-1.

Aljazair unggul lebih dulu setelah William Troost-Ekong membuat gol bunuh diri pada menit ke-40. Nigeria kemudian menyamakan skor lewat penalti Odion Ighalo.

Rupanya pahlawan kemenangan Aljazir baru muncul pada menit ke-95. Dia adalah pemain Manchester City yakni Riyad Mahrez yang melesakkan bola ke gawang Nigeria melalui tendangan bebas di menit-menit akhir.

Pertandingan final antara Senegal dan Aljazair akan dimainkan pada Jumat 19 Juli 2019 malam waktu setempat. Sementara Tunisia dan Nigeria akan lebih dulu melakoni laga perebutan tempat ketiga pada Rabu 17 Juli 2019.

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini