Selama Januari, Indonesia Terima 13,9 Juta Vaksin Covid-19

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Sebanyak 13.951.730 vaksin Covid-19 sudah diterima Indonesia pada minggu ketiga 2022, atau periode 15-19 Januari 2022.

Vaksin ini berasal dari pengadaan dukungan bilateral Jepang maupun juga dose sharing dari Belanda melalui COVAX facility.

Menurut Lintang Paramitasari, Direktur Sekolah Dinas Luar Negeri Kementerian Luar Negeri, Kamis 20 Januari 2022, vaksin yang diterima tersebut merupakan vaksin jenis Sinovac dan Astrazeneca.

”Dengan penambahan tersebut maka total kedatangan vaksin di Indonesia hingga tanggal 19 Januari 2022 adalah 493.125.035 dosis. Vaksin tersebut kami dapatkan melalui jalur bilateral dan juga melalui jalur multilateral atau jalur COVAX facility,” kata Mita.

Kemlu mencatat dalam waktu dekat ini masih terdapat beberapa komitmen vaksin yang akan berdatangan dari COVAX Facility maupun dari negara sahabat.

Komitmen itu antara lain yakni kedatangan vaksin Pfizer sebesar 1,2 juta dosis dari Jerman. Ia mengatakan vaksin itu akan dikirimkan pada minggu ke-4 Januari 2022. Kemudian, ada juga komitmen dukungan dari perusahaan China kepada Indonesia yaitu sebesar 1 juta dosis.

“Saat ini masih dilakukan komunikasi mengenai waktu kedatangan dari vaksin tersebut,” jelasnya.

Dari COVAX Facility, Mita mengatakan Kemlu mencatat total komitmen untuk vaksin yang sudah diterima oleh Indonesia adalah 89.413.305 dosis vaksin, dan rencananya akan ada lagi kedatangan pada minggu ke-4 ini dalam jumlah yang bervariasi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Apresiasi Aparat Keamanan Tangkap Petinggi OPM Paniai Papua

Satuan Tugas (Satgas) Damai Cartenz berhasil menangkap petinggi Organisasi Papua Merdeka (OPM) Paniai bernama Petrus Pekei, yang mana pernah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini